Gelandang AC Milan Tonali Resmi Bergabung ke Newcastle United

Sandro Tonali
Sandro Tonali

TENTANGKEPRI.COM – Newcastle United telah resmi mendatangkan gelandang Sandro Tonali dari AC Milan dengan kontrak lima tahun. Penjualan sang pemain pada bursa transfer musim panas 2023 ini disebut-sebut memecahkan tiga rekor transfer sekaligus.

Menurut pakar transfer Eropa, Fabrizio Romano, Sandro Tonali bergabung dengan Newcastle dengan nilai transfer sebesar 70 juta euro atau setara Rp 1,1 triliun plus tambahan. Milan juga akan menerima 10 persen dari hasil penjualan kembali pemain Timnas Italia di masa mendatang.

BACA JUGA:  Pep Guardiola Nilai Arsenal Rival Utama Manchester City

Dengan nilai tersebut, transfer Sandro Tonali ke Newcastle ini menjadi rekor penjualan Milan. Rekor penjualan terbesar AC Milan sebelumnya dipegang oleh gelandang legendaris Brasil, Kaka.

Sebelum dipecahkan Tonali, rekor penjualan termahal Milan adalah Kaka yang dilego seharga 67 juta euro. Kaka pindah ke Real Madrid pada musim panas 2009 silam. 

Selain itu, Sandro Tonali juga menjadi pemain Italia termahal dalam sejarah transfer di Eropa. Ia menggusur Jorginho yang sebelumnya ditebus Chelsea dari Napoli pada musim panas 2018 dengan mahar 57 juta euro.

BACA JUGA:  Erick Thohir Apresiasi Radja Nainggolan Hijrah ke Liga 1 Indonesia

Tidak sampai di situ, Tonali juga mencatatkan rekor pembelian termahal yang dilakukan oleh Newcastle sepanjang sejarah klub. Menurut angka yang dilansir Transfermarkt, Newcastle mesti merogoh kocek 70 juta euro guna mengamankan tenaga Tonali. 

Adapun Tonali bergabung dengan AC Milan pada awal musim 2020-2021, ia dipinjam dari Brescia. Pada akhir musim, Milan mempermanenkan Tonali dengan biaya transfer 14 juta euro atau sekitar Rp 229,5 miliar.

BACA JUGA:  Top Skor Liga Champions: Antoine Griezmann Panaskan Persaingan

Tiga musim berseragam Milan, Tonali menjadi figur penting di lini tengah klub yang bermarkas di San Siro tersebut. Tonali ikut membantu I Rossoneri memenangi scudetto Serie A 2021-2022.

Musim lalu, Tonali yang mengoleksi 14 caps bersama timnas Italia tampil pada 34 laga Serie A dan mencetak dua gol. Sandro Tonali menjadi pemain Italia keenam yang membela Newcastle United, mengikuti jejak Alessandro Pistone, Giuseppe Rossi, Fabio Zamblera, Davide Santon, dan Antonio Barreca.(*)