Euro 2024: Turki Bekuk Georgia 3-1

Turki menang 3-1 atas Georgia di laga pembuka Grup F Euro 2024 (REUTERS/Wolfgang Rattay)
Turki menang 3-1 atas Georgia di laga pembuka Grup F Euro 2024 (REUTERS/Wolfgang Rattay)

TENTANGKEPRI.COM – Turki mendapatkan tiga poin pada laga perdananya di Euro 2024. Menghadapi Georgia, Tim Bulan Sabit dan Bintang menang 3-1.

Pada pertandingan di BVB Dortmund Stadium, Selasa (18/6/2024) malam WIB, kedua tim berimbang 1-1 di babak pertama. Gol Mert Muldur dibalas Georges Mikuatadze.

Turki menambah dua gol di babak kedua lewat Arda Guler dan Kerem Akturkoglu. Turki sementara memuncaki Grup F dan Georgia di posisi terbawah.

Jalannya laga Turki vs Georgia

Turki mendominasi pertandingan sedari menit awal. Peluang pertama didapat pada menit ke-10 saat Kaan Ayhan mendapatkan ruang tembak di depan kotak penalti, namun bola sepakannya menghantam tiang kanan gawang Georgia.

BACA JUGA:  Liga Inggris Buat Aturan Baru Terkait Lemparan ke Dalam ala Pratama Arhan

Turki mendapat kans lagi empat menit kemudian ketika Kenan Yildiz melewati dua penjaganya di sisi kiri kotak penalti dan coba menembak ke sudut sempit, tapi bisa diamankan Georgio Mamardashvili.

Kebuntuan pecah juga pada menit ke-25 saat Mert Muldur mendapat bola liar di depan kotak penalti. Dia langsung melepaskan sepakan voli kaki kanan yang bikin bola bersarang di pojok kanan atas.

Sepakan jarak jauh Mert Muldur bikin Turki memimpin 1-0. (Foto: Getty Images/James Baylis – AMA)
Turki menggandakan keunggulan dua menit kemudian saat serangan cepat dari sisi kanan yang dimulai Arda Guler, berakhir di tiang jauh dan Kenan Yildiz menyonteknya ke pojok atas.

BACA JUGA:  Romelu Lukaku Sepakat Gabung Juventus Kontrak Tiga Tahun

Gol tersebut dianulir VAR karena ujung sepatu Yildiz berada di depan pemain terakhir Georgia.

Georgia malah menyamakan skor 1-1 pada menit ke-32 lewat Georges Mikautadze. Umpan tarik Giorgi Kochorashvili disontek Mikuatadze ke pojok gawang Mert Gunok.

Georgia bahkan nyaris berbalik unggul pada menit ke-35 andaikan sepakan Mikautadze di kotak penalti tak melebar di sisi kiri.

Skor 1-1 mengantar kedua tim masuk ke ruang ganti.

BACA JUGA:  Barcelona Siapkan Laga Perpisahan buat Lionel Messi

Semenit setelah turun minum, Turki langsung menggebrak untuk menciptakan peluang pertamanya lewat Muldur. Tapi, Mamardashvili bisa menepisnya.

Turki mendapat kans lagi pada menit ke-57 dari sepakan bebas Hakan Calhanoglu yang melewati pagar hidup. Bola bisa dibendung Mamardashvili.

Guler! Bintang muda Turki itu menciptakan gol sensasional untuk bikin Turki memimpin 2-1 pada menit ke-65. Kaan Ahyan mampu merebut bola dari kawalan pemain Georgia dan langsung memberikan kepada Guler.

Guler dari jarak 25 yard melepaskan tembakan kaki kiri yang melesakkan bola ke pojok kanan atas.

Sumber: detik.com