Spanyol Juara UEFA Nations League 2023

UEFA Nations League 2022/2023 telah selesai digelar. Kali ini Spanyol yang keluar sebagai juara. Foto: REUTERS/Yves Herman
UEFA Nations League 2022/2023 telah selesai digelar. Kali ini Spanyol yang keluar sebagai juara. Foto: REUTERS/Yves Herman

TENTANGKEPRI.COM Р Spanyol memenangi edisi ketiga UEFA Nations League dengan mengalahkan Kroasia di final yang dihelat di De Kuip, Senin (19/6/2023) dini hari WIB. La Furia Roja Рjulukan Spanyol Рjadi juara usai memenangi drama adu penalti.

Spanyol mencapai final usai menyingkirkan Italia di semifinal dan Kroasia mengalahkan Belanda. Spanyol besutan Luis de la Fuente diunggulkan memenangi laga, tetapi Kroasia sudah memperlihatkan bahwa mereka bukan tim yang mudah dikalahkan.

Mentalitas baja dan kegigihan bermain Kroasia terbukti menyulitkan Spanyol. Dimotori oleh Luka Modric, Marcelo Brozovic, dan Mateo Kovacic di lini tengah, Spanyol menghadapi kesulitan melawan lini tengah Kroasia.

Namun, lambat laun Spanyol dapat perlahan mendominasi permainan. Kroasia mampu memberikan ancaman untuk Spanyol di babak pertama, bahkan Ivan Perisic dua kali menguji Unai Simon, kiper Spanyol. Babak pertama berakhir tanpa gol.

BACA JUGA:  Chelsea Tawar Striker Sporting Viktor Gyokeres Rp 1,4 Triliun

Spanyol coba meningkatkan intensitas permainan di babak kedua dengan memasukkan ‘darah’ muda seperti Ansu Fati dan Dani Olmo dari bangku cadangan. Spanyol mendominasi permainan, tetapi penyelesaian akhir masih jadi masalah mereka.

Pun demikian Kroasia ketika melancarkan serangan balik. Pada akhirnya pertahanan kedua tim masih solid hingga 90 menit pertandingan berakhir, skor kacamata bertahan dan berlanjut ke babak tambahan.

Pada babak tambahan, kedua tim punya peluang untuk ‘membunuh’ laga dengan gol, tetapi kembali penyelesaian akhir jadi masalah dan pertahanan kedua tim sulit diruntuhkan. Pemenang laga pun harus ditentukan dari adu penalti.

BACA JUGA:  Jadwal Liga Inggris Malam Ini: Manchester United Main, Plus Liverpool Vs Arsenal

Enam penendang penalti pertama dari Kroasia dan Spanyol menjalankan tugas dengan baik, sebelum eksekutor penalti keempat Kroasia Lovro Majer gagal mencetak gol karena tendangannya ditepis Unai Simon.

Ketika Spanyol seperti akan memenangi laga dari penendang penalti kelima, Aymeric Laporte, tendangannya justru mengenai mistar gawang.

Momen untuk Kroasia itu hanya berlaku sementara. Pasalnya, penendang penalti keenam Kroasia, Bruno Petkovic, juga gagal mencetak gol saat tendangannya ditepis Unai Simon. Spanyol tak menyia-nyiakan, dan Dani Carvajal yang menendang penalti berikutnya, mencetak gol.

Spanyol menang 5-4 via drama adu penalti atas Kroasia setelah laga berakhir imbang 0-0. Spanyol jadi juara edisi tiga UEFA Nations League setelah Portugal (2019) dan Prancis (2021) – Spanyol juga jadi finalis pada 2021.

BACA JUGA:  Miliki Kampung Germas Terbanyak Se Kepri, Batam Juara 1 Penghargaan Germas Award Tingkat Propinsi Kepri Tahun 2023

Susunan Pemain

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic; Josip Juranovic (Josip Stanisic 112′), Martin Erlic, Josip Sutalo, Ivan Perisic; Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic; Mario Pasalic (Bruno Petkovic 61′), Andrej Kramaric (Lovro Majer 90+1′), Luka Ivanusec (Nikola Vlasic 78′).

Pelatih: Zlatko Dalic

Spanyol (4-2-3-1): Unai Simon; Jesus Navas (Dani Carvajal 97′), Robin Le Normand (Nacho 78′), Aymeric Laporte, Jordi Alba; Fabian Ruiz (Mikel Merino 78′), Rodri; Marco Asensio, Gavi (Dani Olmo 87′), Yeremy Pino (Ansu Fati 66′); Alvaro Morata (Joselu 66′).

Pelatih: Luis de la Fuente.(*)