Kejutan, STY Panggil Lima Debutan di Timnas U-23

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat mendampingi latihan Timnas Indonesia pada Minggu (11/6/2023) jelang FIFA Matchday kotra Palestina di Surabaya. (Foto: PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat mendampingi latihan Timnas Indonesia pada Minggu (11/6/2023) jelang FIFA Matchday kotra Palestina di Surabaya. (Foto: PSSI)

TENTANGKEPRI.COM – Pelatih Shin Tae-yong telah memanggil 23 pemain untuk ikut pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-23. TC ini merupakan persiapan mengikuti Piala AFF U-23 2023.

“Untuk menghadapi Piala AFF U-23 2023 kita memanggil 23 pemain. Kita memulai pemusatan latihan mulai tanggal 10 Agustus di Jakarta,” kata Shin Tae-yong dalam keterangan tertulis PSSI yang dilansir RRI.co.id pada Rabu (9/8/2023).

Terdapat sejumlah nama-nama pemain baru ikut dipanggil dalam TC kali ini. Seperti Muhammad Ragil (Bhayangkara FC), Salim Akbar (Madura United), Esal Sahrul (Persita), dan Abdul Rahman (Rans Nusantara).

Sementara itu, nama-nama langganan timnas juga kembali mendapat panggilan. Diantaranya, Rizky Ridho (Persija), Bagas Kaffa (Barito Putera), Beckham Putra (Persib), dan Ernando Ari (Persebaya).

BACA JUGA:  Copa del Rey: Atletico Madrid Perkasa di Kandang Vs Superioritas Real Madrid

Pemanggilan nama-nama baru di luar nama-nama yang sering dipanggil menurut Shin adalah bagian dari skema timnas saat ini. “Pada pemanggilan ini, ada sejumlah pemain baru yang kami kombinasikan dengan pemain yang sudah sering dipanggil timnas,” ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Mendapatkan panggilan untuk pemusatan latihan adalah kesempatan spesial bagi pemain seperti Esal Sahrul. Karena ini merupakan panggilan pertamanya dari Timnas Indonesia.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur mendapat panggilan dari coach Shin Tae-yong untuk pemusatan latihan Timnas U-23 Piala AFF U-23. Saya bertekad untuk berjuang keras dan maksimal demi mendapatkan tempat di tim,” kata winger asal Persita Tangerang tersebut.

BACA JUGA:  Shin Tae-yong Uji Pemain Baru di AFF U-23

Borneo FC menjadi tim yang paling banyak menyumbangkan pemain, yakni 3 orang pemain. Disusul PSIS Semarang, Persija Jakarta, Persib Bandung, Persita Tangerang, Persis Solo, masing-masing 2 orang pemain.

Piala AFF U-23 2023 akan berlangsung di Thailand pada 17-26 Agustus. Indonesia berada di Grup B bersama Timor Leste, dan Malaysia.

Indonesia akan memulai pertandingan perdana melawan Malaysia pada 18 Agustus dan 20 Agustus melawan Timor Leste. Dua pertandingan tersebut akan berlangsung di Stadion Rayong Provincial Stadium, Thailand.

Berikut daftar 23 pemain Indonesia untuk persiapan AFF U-23 2023:

1. Amiruddin Bagas, Barito Putera
2. Muhammad Adisatryo, PSIS 
3. Arkhan Fikri, Arema FC
4. Kadek Arel, Bali United
5. Muhammad Ragil, Bhayangkara Presisi FC
6. Komang Teguh, Borneo FC
7. Jeam Kelly, Persik 
8. Muhammad Fajar, Borneo FC
9. Daffa Fasya, Borneo FC
10. Salim Akbar, Madura United
11. Ernando Ari, Persebaya
12. Beckham Putra, Persib
13. Robi Darwis, Persib
14. Frengky Missa, Persikabo
15. Muhammad Ferarri, Persija
16. Rizky Ridho, Persija
17. Rifky Dwi, Persita
18. Muhammad Dzaky, PSM
19. Irfan Jauhari, Persis
20. Muhammad Ramadhan, Persis
21. Abdul Rahman, Rans Nusantara
22. Esal Sahrul, Persita
23. Alfeandra Dewangga, PSIS.(*)

BACA JUGA:  Liga Spanyol: Atletico Madrid Menang 1-0 atas Sevilla