Kunjungi Rempang, Airlangga Pastikan Pemerintah Bangun Rumah Untuk Warga

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mengunjungi Desa Tanjung Banon yang terletak di bagian selatan Pualu Rempang, Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (29/9).
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mengunjungi Desa Tanjung Banon yang terletak di bagian selatan Pualu Rempang, Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (29/9).

BATAM, TENTANGKEPRI.COM – Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mengunjungi Desa Tanjung Banon yang terletak di bagian selatan Pualu Rempang, Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (29/9).

Setelah melakukan perjalanan hampir 1 jam dari Kota Batam, Menko Airlangga beserta rombongan disambut hangat oleh masyarakat beserta tokoh adat dan tokoh agama yang telah menanti dengan antusias kedatangan rombongan di Mesjid Al Ikhsan Tanjung Banon.

Pertemuan dan dialog langsung Airlangga dengan masyarakat Tanjung Banonkemudian berlangsung dalam suasana akrab serta diliputi dengan harapan-harapan yang disampaikan oleh masyarakat.

Airlangga dalam dialog tersebut dengan terbuka menerima aspirasi-aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat serta menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan tersebut.

“Pertama terima kasih, karena kami alhamdulillah bisa bersilaturahmi pada siang hari ini bersama-sama. Tentunya silaturahmi ini adalah menindaklanjut dari silaturahmi-silaturahmi yang sebelumnya,” ujar Airlangga saat memulai dialog langsung tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Airlangga juga mengapresiasi kesepakatan-kesepakatan yang telah didapatkan dari pertemuan-pertemuan sebelumnya yang dilakukan antara masyarakat Pulau Rempang dengan Pemerintah.

Lebih lanjut, Airlangga mengutarakan, kunjungan tersebut juga untuk melihat secara langsung terkait dengan kesiapan dan daya dukung perluasan wilayah lokasi yang diusulkan bagi masyarakat yang terdampak dalam pengembangan Kawasan Rempang Eco City untuk dikembangkan dengan infrastruktur yang lebih baik.

BACA JUGA:  Batam Sumbang 76 Persen Kegiatan Ekspor di Provinsi Kepri

“Arahan Bapak Presiden yang pertama tentu untuk kepentingan rakyat dan adil bagi rakyat. Dan kedua agar masyarakat di sini nanti juga memperoleh sertifikat hak milik, terutama di daerah sini yang saat ini tinggal di sini juga nanti akan diberikan haknya,” ungkap Airlangga.

Airlangga juga menyampaikan harapan agar pembangunan perumahan serta infrastruktur termasuk air dan listrik dapat segera dilakukan. Pembangunan tersebut juga akan dilakukan dengan memperhatikan kepentingan terkait mata pencaharian sehari-hari bagi masyarakat yang terutama menjadi nelayan dan petani ladang.

BACA JUGA:  Muhammad Rudi Kukuhkan Pengurus KKML Kota Batam Masa Bakti 2024-2029

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin memberikan jaminan, bahwa Pemerintah akan menjamin apa yang kemarin sudah dijanjikan, akan direalisasikan,” tegas Airlangga.

Masyarakat Tanjung Banon yang hadir pada kesempatan tersebut menyambut gembira yang disampaikan oleh Menko Airlangga karena kepastian terhadap pelaksanaan perluasan wilayah pada lokasi yang diusulkan tersebut sudah sangat dinantikan.

“Saya mendengar bahwa seluruh masyarakat bertanya kepastian. Dan saya jamin, kami sudah rapat dan sudah melapor kepada Bapak Presiden. Kami akan siapkan Perpres, disiapkan Peraturan Presiden, sehingga ini akan aman dan berkelanjutan,” kata Airlangga.

Di akhir dialog, Airlangga tak lupa juga menyelipkan sebait pantun dan berharap agar pembangunan dapat diselesaikan lebih cepat, lebih bagus, dan tidak bertele-tele. “Ikan hiu berenang dengan agung, I love you Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu Tanjung Banon,” pungkas Airlangga yang disambut dengan keriuhan dari masyarakat yang hadir.

BACA JUGA:  Khidmatnya Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1445 H/2024 M Kota Batam

Gerisman Ahmad, salah seorang tokoh masyarakat Tanjung Banon saat memberikan sambutan selamat datang kepada Airlangga dan rombongan mengatakan, pada intinya masyarakat mendukung pembangunan di Pulau Rempang, apakah itu dilakukan oleh Pemerintah, BUMN maupun swasta. Apalagi sudah menjadi Proyek Strategis Nasional.

“Di sisi lain juga, saya berharap kepada Pak Menteri sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Pusat, marwah kami orang melayu juga diperhatikan,” ujarnya.

Dalam kegiatan dialog langsung dengan masyarakat Tanjung Banon tersebut, Airlangga didampingi Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso, Deputi Perekonomian Sekretariat Kabinet Satya Bhakti Parikesit, Deputi VI Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo, Plt. Deputi III Kemenko Perekonomian Elen Setiadi, Juru Bicara Kemenko Perekonomian Haryo Limanseto, Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad, Kapolda Kepulauan Riau Irjen Tabana Bangun, dan Walikota Batam yang sekaligus merupakan Kepala Badan Pengusahaan Batam Muhammad Rudi.(*)