Viral di Medsos, Sapi Lepas di Tol Ancol Bikin Polisi Turun Tangan

Seekor sapi kurban lepas hingga berlarian di Tol Ancol, Kamis (29/6/2023) pagi. (Dok. Bripka Abster M Wongkar)
Seekor sapi kurban lepas hingga berlarian di Tol Ancol, Kamis (29/6/2023) pagi. (Dok. Bripka Abster M Wongkar)

TENTANGKEPRI.COM – Video rekaman seekor sapi lepas di Tol Ancol, Jakarta Utara, viral di media sosial. Sapi lepas ini membuat polisi turun tangan.

Peristiwa tersebut terjadi di Tol Ancol, Jakarta Utara, bertepatan dengan Idul Adha 29 Juni 2023. Seorang anggota Pamwal Subsiprovos Sipropam Korpolairud Baharkam Polri, Bripka Abster M Wongka, mengabadikan detik-detik sapi lepas tersebut.

Bripka Abster awalnya tengah mengawal rombongan dinas, melintas di Tol Dalam Kota, pada Kamis (29/6/2023) sekitar pukul 09.30 WIB. Setiba mendekati pintu keluar Tol Ancol, ia mendapati lalu lintas di lokasi mengalami kemacetan.

“Iya kan lagi dinas saya, lagi bawa rangkaian, macet. Rangkaian saya tinggalin, saya maju ke depan kan, ngelihat nyari titik macetnya, kenapa sih di depan ini? Ada apa gitu loh, kecelakaan atau apa,” kata Abster saat dihubungi detikcom, Jumat (30/6/2023).

Abster kemudian melaju dan melihat truk melintang di tengah jalan. Truk tersebut rupanya sedang mencoba menggiring sapi supaya ke pinggir jalan tol.

“Pas mau nyampe, saya udah prediksi ‘wah ini truknya ada masalah, ada kendala’, tapi pas sudah deket, nyatanya ada sapi lepas,” kata Abster.

Abster kemudian turun dan mencoba menangkap sapi tersebut bersama sopir truk. Namun usahanya tak berhasil dan sapi itu malah menyeruduknya.

“Itu kan talinya putus, talinya pendek, kita mau nahan juga. Kalau cuma dua orang, yang satu sopir juga badannya kecil, ya mental ke mana-mana. Saya sih niatnya… kan saya sempat mundur, saya sempat nanya ke sopir belakang, ada sopir truk, ada yang punya tali nggak, mau iket kan. Kalau tali agak panjang, kan enak. Kalau pendek, kan jangkauan kakinya nyampe ke kita, ditendang atau apalah,” bebernya.

Sapi Lepas Hendak Dipotong

BACA JUGA:  Rudi Dorong Semua OPD Terus Berinovasi dan Tingkatkan Layanan Kepada Masyarakat

Sekitar 15 menit Abster dan sopir truk mencoba mengevakuasi sapi lepas tersebut. Tidak lama kemudian, pemilik sapi dengan menggunakan motor datang ke lokasi.

“Nggak lama mereka datang bonceng tiga itu, ‘Pak, sapi saya lepas, mau dikurbankan’. Udah pucat itu yang punya, ya kan sapi tahu sendiri harga berapa sekarang Rp 20 juta kali ada,” katanya.

Pemilik sapi tersebut kemudian mengamankan sapi tersebut. Karena pemilik sapi sudah datang, Abster melanjutkan mengawal rangkaian dinas.

Usut punya usut, sapi tersebut kabur dari lokasi pemotongan hewan kurban di sekitar lokasi. Sapi kabur dan lari ke dalam tol.

“Sapi itu dari warga di bawah. Dia dari bawah dia lepas,” katanya.

Sapi tersebut masuk ke tol melalui pintu keluar. Sapi kemudian melompati pembatas tol hingga berlarian di sisi jalan tol yang mengarah ke Ancol.

“Masuk ke tol, dia naik dari pintu keluar, dari sebelah kiri terus sapinya nyeberang ke kanan ke jalurnya itu, sapi itu masuk dari arah jalur bandara itu. Yang sebelahnya, lawan arahnya, terus dia lompat pagar itu pembatas ke sebelah,” katanya.

“Yang punya itu posisinya ngejar mereka di sebelah kanan. Jadi pertama saya lihat ada orang di sebelah kanan jalan pakai motor biasa matic. Kok ada orang ini kenapa? Tapi mereka di lajur kanan, bukan di lajur saya, ternyata dia kejar sapi yang lepas,” tuturnya.(*)

BACA JUGA:  BP Batam Pastikan Sosialisasi ke Masyarakat Rempang Terus Berlangsung