Sandiaga Uno Motivasi Pelaku Ekraf Di Kota Batam, Gelar KaTa Kreatif ke-23 Di Batam

Direktorat Infrastruktur Ekonomi Kreatif Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Badan Pariwisata Dan Ekonomi menyelenggarakan Rangkaian program Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif 2023 di Kota Batam, Jumat (28/07/2023).
Direktorat Infrastruktur Ekonomi Kreatif Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Badan Pariwisata Dan Ekonomi menyelenggarakan Rangkaian program Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif 2023 di Kota Batam, Jumat (28/07/2023).

BATAM, TENTANGKEPRI.COM –  Direktorat Infrastruktur Ekonomi Kreatif Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Badan Pariwisata Dan Ekonomi menyelenggarakan Rangkaian program Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif  2023 di Kota Batam, Jumat (28/07/2023). Rangkaian Ka Ta Kreatif 2023 digelar di Aula Engku Hamidah Lantai IV Kantor Walikota ini dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno. Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd.mendampingi Menparekraf, Sandiaga Uno.

KaTa Kreatif merupakan program pengembangan Kabupaten/Kota yang bertujuan untuk menggali, memanfaatkan, menumbuhkembangkan ekonomi kreatif unggulan daerah. Serta membangun kesadaran dan komitmen seluruh pemangku kepentingan. Diharapkan dapat menciptakan ekosistem pengembangan Kabupaten/Kota yang kondusif. Dalam jangka panjang diharapkan dapat mendorong para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) menjadi tulang punggung pembangunan daerah.

BACA JUGA:  Aksi Penyampaian Pendapat Buruh Berlanjut Hingga 20 Juli 2023

“Batam adalah kota ke-23 kita menyelenggarakan KaTa Kreatif. Melalui event ini Saya ingin menyapa pelaku UMKM yang juga pelaku usaha ekonomi kreatif berpotensi yang ada di Kota Batam. Untuk mengembangkan usaha ini diperlukan komitmen dan harus konsisten,” seru Sandiaga Uno menyapa pelaku usaha ekraf yang hadir.

Saat menyapa pelaku ekraf Kota Batam, Ia memberikan tiga tips yang harus dilakukan pelaku ekraf dalam mengembangkan usahanya. Yakni gerak cepat, gerak bersama dan garap seluruh potensi online (3 G). Sementara pemerintah dalam mendukung ekraf menurutnya harus tepat sasaran, tepat waktu dan tepat manfaat.

“Saya ingin menggandeng ekraf di Kota Batam agar bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Saya ingin bangun kondisi ekonomi kita lebih kuat. Bergandeng tangan bersama pemerintah membuka lapangan pekerjaan. Saya sampai sekarang punya karyawan jumlahnya 30 ribu orang, berawal dari suatu kegagalan. Dari kegagalan itu kita bangkit,” katanya memotivasi.

BACA JUGA:  Rudi Salurkan 389 Paket Sembako untuk Korban Angin Puting Beliung di Kasu

Selain menyapa pelaku ekraf di Kota Batam, Sandiaga juga mendapat kesempatan untuk mencicipi olahan makanan dari pelaku ekraf yang hadir. Dari 3 varian makanan dan 3 varian minuman yang disajikan penilaian yang diberikan diatas nilai 8. Dalam kesempatan itu, pelaku ekraf di Kota Batam juga menyampaikan permasalahan pengiriman produk mereka ke luar daerah yang dikenakan pajak. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab turunnya omset penjualan, akibat mahalnya biaya pengiriman banyak reseller yang membatalkan rencana untuk bekerjasama.

“Ini akan langsung Saya sampaikan kepada Ibu Menteri Keuangan, karena Bea Cukai itu berada di bawah kewenangan Ibu Sri Mulyani. Ini akan menjadi PR buat Kami, dan akan segera kami tindaklanjuti,” janjinya.

BACA JUGA:  Aksi di BP Batam, Muhammad Rudi Dengarkan Aspirasi Masyarakat

 Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Menparekraf yang telah memilih Batam sebagai tempat diselenggarakannya KaTa Kreatif Tahunn 2023. Harapannya melalui event ini dapat menambah gerai makanan di Kota Batam yang dapat menjadi tujuan bagi Wisatawan Mancanegara yang berkunjung ke Kota Batam.

“Tadi bersama-sama dengan Pak Menteri, sudah mencicipi penganan produk ekraf dari Kota Batam. Produknya luar biasa dan rasanya enak-enak semua,” pujinya.

Pelaksanaan KaTa Kreatif 2023 di Kota Batam mengusung tema “Tips Branding dan Foto Produk”. Adapun pemateri Eddy Sukmana yang merupakan seorang Photographer and Content Creators.(*)