Memperingati Hari Sungai Nasional Tahun 2023, Jefridin Ajak Seluruh Masyarakat Kota Batam Tidak Membuang Sampah di Sungai dan Parit

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV Batam menyelenggarakan kegiatan penanaman pohon dan susur sungai di lingkungan Sungai Pelunggut Kecamatan Sagulung, Kamis (27/07/2023).
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV Batam menyelenggarakan kegiatan penanaman pohon dan susur sungai di lingkungan Sungai Pelunggut Kecamatan Sagulung, Kamis (27/07/2023).

BATAM, TENTANGKEPRI.COM – Dalam rangka memperingati Hari Sungai Nasional Tahun 2023, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV Batam menyelenggarakan kegiatan penanaman pohon dan susur sungai di lingkungan Sungai Pelunggut Kecamatan Sagulung, Kamis (27/07/2023).

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. menyampaikan ucapan terimakasih dan mengapresiasi kepala BWS Sumatera IV Batam yang akan mengatur master plant drainase. Ia menuturkan kegiatan hari ini salah satunya akan melakukan normalisasi sungai di wilayah Sagulung.

BACA JUGA:  Viral di Medsos, Sapi Lepas di Tol Ancol Bikin Polisi Turun Tangan

Disampaikannya bahwa sungai sangat penting, dan sungai yang ada di Batam dengan sungai di daerah daratan berbeda. Karena sungai di Batam mengalirkan air ke arah laut. Kondisi banjir di Kota Batam pun menurutnya berbeda dengan daerah lain yang bisa melampaui satu hari.

“Di Batam jika hujan deras terjadi banjir yang diakibatkan oleh parit yang meluap, jika hujan reda banjir selesai. Saya pernah bergotong royong membersihkan parit dan di dalam drainase yang kita bangun banyak sampah. Bahkan Saya menemukan spring bed dan potongan pohon di dalam parit itu. Belum lagi sampah plastik,” jelas Jefridin.

BACA JUGA:  Wali Kota Rudi Sampaikan Rancangan KUA/PPAS APBD Anggaran 2023

Dalam kesempatan itu Ia mengajak masyarakat Kota Batam khususnya di Kecamatan Sagulung untuk tidak membuang sampah di dalam sungai dan parit. Tanpa berkolaborasi dan dukungan dan adanya kesadaran dari masyarakat menurutnya tidak mungkin bisa menuntaskan persoalan banjir di Kota Batam. 

“Saya atas nama Wali Kota Batam, Pemerintah Kota Batam mengajak dan mengimbau seluruh masyarakat Kota Batam agar tidak membuang sampah di parit dan di sungai agar tidak tersumbat,” ujarnya.

Kepala BWS Sumatera IV Batam, Danil S.T, mengatakan kegiatan ini merupakan agenda tahunan. Acara ini merupakan rangkaian untuk mendukung gerakan nasional kemitraan penyelematan air. Seluruhnya melakukan kegiatan telusur sungai ada 32 Balai di Indonesia semua menyelenggarakan kegiatan ini. Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. beserta jajaran yang telah memberi dukungan dalam kegiatan itu.

BACA JUGA:  Wakili Ketua TP. PKK Kota Batam, Jefridin Paparkan Perlu Kolaborasi Untuk Penurunan Angka Stunting Di Kota Batam

“Kegiatan yang kita lakukan membersihkan sungai dan melakukan penanaman pohon. Kegiatan telusur sungai sudah dilakukan sejak seminggu lalu, sekitar satu kilo meter kami bersihkan. Alat sudah kami masukkan untuk melakukan pelebaran,” tuturnya.(*)