Presiden Jokowi Akan Umumkan Transisi Pandemi ke Endemi

Presiden Joko Widodo ketika memberi keterangan kepada wartawan, Rabu (14/6/2023). (Foto: RRI/Pradipta Rahadi)
Presiden Joko Widodo ketika memberi keterangan kepada wartawan, Rabu (14/6/2023). (Foto: RRI/Pradipta Rahadi)

TENTANGKEPRI.COM – Presiden Joko Widodo menyatakan, proses transisi dari pandemi menuju endemi akan dimatangkan dalam waktu dekat. Kepala Negara mengatakan, pengumuman akan disampaikannya setelah proses pematangan selesai dilaksanakan.

“Ya (Proses transisi) ini dimatangkanlah seminggu dua minggu ini. Segera diumumkan karena memang sudah semuanya (landai),” ujar Presiden kepada wartawan, Rabu (14/6/2023). 

BACA JUGA:  Dukcapil Kemendagri Gandeng BSSN dan INAFIS Polri, Tinjau Data Center BP Batam

Presiden mengatakan, tentu akan ada berbagai persyaratan yang harus terpenuhi untuk transisi dari pandemi ke endemi. Seperti jumlah kasus harian dan juga dosis vaksinasi yang disuntikkan kepada masyarakat. 

Pengumuman akan disampaikan oleh Presiden nanti. “Insyaa Allah bulan ini (disampaikan),” kata Presiden. 

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebelumnya mengatakan, Presiden Joko Widodo sudah mengambil keputusan. Terkait kebijakan terbaru soal pandemi COVID dan peralihan status menjadi endemi di Indonesia.

BACA JUGA:  Rudi Apresiasi Penyaluran Beras Cadangan Pangan Pemerintah untuk Masyarakat

Hal itu disampaikan Menkes usai menghadiri rapat terbatas terkait status terkini pandemi di Indonesia di Istana Negara, kemarin. Menkes mengatakan, waktu dan kesempatannya menjadi sepenuhnya hak Presiden.

“Update dulu ke Pak Presiden mengenai kondisi pandemi seperti apa sekarang. Negara-negara lain di G20 seperti apa, ASEAN seperti apa, kemudian alternatif kebijakan yang mau diambil,” kata Menkes Budi Gunadi.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Tunggu Putusan MK Terkait Sistem Pemilu 2024

Menkes menjelaskan Presiden segera mengumumkan peralihan status dari pandemi menjadi endemi di Indonesia dalam waktu dekat.(*)

Sumber:rri.co.id