Lomba Mobil Hias Idul Adha 1444H Dilaksanakan Nanti Malam di Dataran Engku Putri

Ilustrasi. Acara pelepasan peserta pawai takbiran Idul Adha, FOTO:SURYAKEPRI.COM/AGUNG
Ilustrasi. Acara pelepasan peserta pawai takbiran Idul Adha, FOTO:SURYAKEPRI.COM/AGUNG

BATAM, TENTANGKEPRI.COM –  Pawai takbir Idul Adha akan dimeriahkan dengan lomba mobil hias yang akan digelar Rabu (28/6/2023) malam di Dataran Engku Hamidah.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batam, Rudi Panjaitan mengajak masyarakat Kota Batam menghadiri pelaksanaan Pawai Takbir tersebut.

Sampai saat ini, sudah ada 25 mobil hias yang mendaftar dan akan mengikuti lomba tersebut.

“Pawai Takbir akan dimulai pukul 19.30 WIB, dan akan dilepas langsung oleh Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Mari seluruh masyarakat Kota Batam, kita berkumpul bersama-sama merayakan Idul Adha dengan menyaksikan pawai takbir keliling di Dataran Engku Hamidah,” kata Rudi.

BACA JUGA:  Tank-tank Rusia yang Hancur Dipajang di Jalanan Ibu Kota Ukraina

Rute yang dilalui menurutnya masih sama dengan rute pada pelaksanaan pawai takbir Idul Fitri lalu, start dari Dataran Engku Hamidah dan finish di Simpang Tembesi.

Untuk lomba mobil hias Pemerintah Kota Batam menyiapkan hadiah hingga Rp 36 juta bagi pemenang.  Dengan beberapa kriteria lomba, antara lain:

1.Menggunakan mobil pick up atau lori maksimal roda enam.

  1. 2. Tinggi mobil hias maksimal 4 meter, dan tinggi dari permukaan aspal 50 sentimeter.
  2. 3. Peserta pawai antara 7 sampai 10 orang.
  3. 4. Peserta dapat menampilkan logo dan slogan.
  4. 5. Dimensi hiasan atau dekorasi menyesuaikan dengan jenis kendaraan.
  5. 6. Kontruksi hiasan atau dekorasi dirancang sedemikian rupa dan tetap mempertimbangkan pergerakan dan manuver kendaraan dalam rangka keselamatan berlalu lintas (pandangan pengemudi dan penerangan dan lain-lain).
  6. Dengan kriteria penilaian pawai takbir, lafadz dan suara, dekorasi kendaraan sesuai dengan tema Idul Adha, kerapian dan keserasian, jumlah peserta dan kekompakkan dan ketertiban dalam berlalu lintas.
BACA JUGA:  28 dan 30 Juni Cuti Bersama Idul Adha, Pelayanan Kembali Dibuka 3 Juli 2023

“Selain pawai takbir, Pemko juga menggelar gema takbir Idul Adha. Hiburan musik lokal di Dataran Engku Hamidah. Tentunya akan menambah semarak perayaan Idul Adha di Kota Batam,” ucapnya lagi.

Sementara untuk pelaksanaan Salat Idul Adha Tingkat Kota Batam dilaksanakan pada Kamis (29/06/2023) dimulai pukul 07.00 WIB hingga selesai.

BACA JUGA:  Lepas Peserta Lomba Tingkat Regu Pramuka V, Jefridin Berpesan Jaga Kesehatan dan Utamakan Ibadah

Tempat Shalat Idul Adha Tingkat Kota Batam menurutnya ditetapkan tiga lokasi, Dataran Engku Putri Batam Centre, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah dan Masjid Baiturrahman, Sei Harapan.

Untuk imam pada pelaksanaan Salat Idul Adha di Dataran Engku Putri akan dipimpin oleh H. Muslim Ahmad, Khatib Bambang Maryono Ketua MUI Provinsi Kepri dan Bilal Soni Paizal Sibandri.

Di masjid Sultan Mahmud Riayat Syah selaku Imam, Ustadz Syamsul Efendi, Khatib Ustadz Lukman Rivai dan Bilal, Mirwan Priadi. Di Masjid Baiturrahman Imam dipimpin Ustadz Ahmad Faisal, Bilal adalah Rudi Maulana dan Khatib Ustadz Muhammad Juni Bedu. (*)

Sumber: tribunbatam