HOAKS, Sakit Gigi Sembuh Pakai Rebusan Daun Jeruk

Foto Ilustrasi
Foto Ilustrasi

TENTANGKEPRI.COM – Sebuah konten sepanjang di TikTok, membagikan informasi tentang obat “sakti”. Obat tersebut diklaim dapat mengatasi sakit gigi seumur hidup, hanya dengan rebusan daun jeruk dan garam.

Sang pengunggah video pun menyampaikan bahwa cara membuat ramuan tersebut tidak sulit. Hanya perlu mencuci beberapa lembar daun jeruk, lalu dicampur dengan garam serta diseduh dengan air hangat.

“Gempar!!! Seumur hidup Gak Sakit Gigi Lagi. Kenapa baru tau!! Ramuan sakit gigi gratis,” demikian isi narasi dalam video TikTok itu.

BACA JUGA:  Benarkah Apel Bisa Atasi Penyakit Asam Lambung? Ini Penjelasannya

Namun, setelah ditelusuri, kaim soal campuran daun jeruk dan garam sebagai obat sakit gigi seumur hidup merupakan narasi salah. Dalam artikel klikdokter, yang ditinjau dokter Atika, disebutkan manfaat daun jeruk adalah sebatas menjaga kesehatan mulut.

Yakni layaknya mengatasi sariawan dan merawat gusi. Namun, tidak ada rekomendasi daun jeruk sebagai obat sakit gigi.

BACA JUGA:  Berikut 4 Makanan untuk Turunkan Risiko Diabetes dan Kanker Menurut Ahli

“Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa minyak esensial yang dihasilkan daun jeruk purut dapat mengurangi bakteri jahat di dalam rongga mulut. Namun, studinya masih terbatas,” kata dokter Atika, sebagaimana dimuat artikel klikdokter pada 24 Januari 2022.    

Sementara larutan garam sudah lama dikenal berkhasiat untuk mengurangi nyeri akibat sakit gigi.  Garam alami, yaitu natrium klorida, bisa membantu menurunkan pertumbuhan bakteri di mulut. 

BACA JUGA:  Sering-seringlah Tertawa, Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan

Selain itu, garam juga bisa menyerap molekul air yang dibutuhkan bakteri untuk hidup dan berkembang. Kendati demikian, mengacu halodoc, air garam disarankan hanya menjadi pereda sakit gigi yang sifatnya sementara. 

Jika dilakukan sebagai pengobatan jangka panjang, air garam bisa merusak gigi karena bersifat basa. Maka dapat disimpulkan jika informais yang diberikan adalah hoaks. (*)

Sumber:rri.co.id