Terkait Bursa Transfer Arab Saudi, Klopp Minta FIFA Bertindak

Juergen Klopp
Juergen Klopp

TENTANGKEPRI.COM – Juergen Klopp menyoroti durasi jendela transfer Arab Saudi yang lebih lama daripada di Eropa. Manajer Liverpool itu meminta FIFA bertindak!

Klub-klub Arab Saudi tengah gencar mendatangkan pemain-pemain top dunia. Karim Benzema, N’Golo Kante, Roberto Firmino, Riyad Mahrez, Jordan Henderson, hingga Sadio Mane hijrah ke Negeri Petro Dollar musim panas ini.

Menurut Transfermarkt, klub-klub Arab Saudi telah menghabiskan 409 juta euro di musim panas 2023. Liga Pro Saudi menjadi liga kelima di dunia yang paling banyak mengeluarkan uang untuk belanja pemain, mengalahkan LaLiga (254 juta euro).

Beberapa pemain top masih terus dibidik selama jendela transfer musim panas 2023. Batas waktu bursa pemain di Arab Saudi berlangsung hingga 20 September 2023.

Tanggal tersebut jauh lebih lama daripada bursa transfer di Eropa. Batas waktu transfer di liga-liga top Benua Biru adalah 1 September.

Artinya, klub-klub Arab Saudi masih bisa menambah rekrutan papan atas mereka ketika tim-tim Eropa sudah tak bisa membeli pemain lagi. Hal itu yang dirasa tidak adil oleh Juergen Klopp.

“Saat ini sangat masif. Hal terburuk menurut saya adalah jendela transfer di Arab Saudi dibuka tiga minggu lebih lama,” kata Klopp, dilansir dari BBC.

“Jika saya benar, saya mendengar hal seperti itu, setidaknya di Eropa ini tidak membantu. UEFA atau FIFA harus mencari solusi untuk itu. Tapi pada akhirnya, saat ini, saya tidak tahu persis apa yang akan terjadi,” ujarnya.

Liga dengan Pengeluaran Terbanyak di Bursa Transfer Musim Panas 2023

1. Premier League: 1,37 miliar euro
2. Serie A: 548 juta euro
3. Ligue 1: 458 juta euro
4. Bundesliga: 451 juta euro
5. Saudi Pro League: 409 juta euro.(*)

BACA JUGA:  Lapangan Ditutup Kain Hitam, Media Argentina Dibuat Penasaran