Sering-seringlah Tertawa, Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan

Foto Ilustrasi
Foto Ilustrasi

TENTANGKEPRI.COM –  Rasa stres adalah hal tak terhindarkan dari kehidupan, maka penting untuk menguranginya sebisa mungkin agar pola pikir tetap sehat dengan tertawa. Sejumlah penelitian telah menunjukkan tertawa memiliki berbagai manfaat.

Sanjeev Jain, Apoteker dari Akums & Drugs Pharmaceuticals menyebut bahwa tawa dan humor telah digunakan sebagai teknik dalam terapi perilaku-kognitif untuk membuat hubungan fisik, psikologis, dan sosial menjadi sehat, sehingga pada akhirnya meningkatkan kualitas hidup.

“Ada juga latihan pikiran/tubuh alternatif berdasarkan konsep ini yang disebut “yoga tawa”. Latihan ini merupakan kombinasi dari latihan tertawa dan pernapasan yoga, yang sering diadakan dalam kelompok. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam emosi positif dan pengurangan gejala stres dan kecemasan serta peningkatan kualitas tidur,” demikian Jain dikutip dari Times of India.

Merujuk laman Geisingerberikut deretan manfaat dari tertawa.

BACA JUGA:  Kota Batam Capai Status UHC Non Cut Off, Kepesertaan BPJS Langsung Aktif

1. Melepaskan endorfin

Pernahkah berpikir mengapa tertawa benar-benar terasa menyenangkan? Saat tertawa, tubuh melepaskan bahan kimia yang disebut endorfin. Melepaskan endorfin dapat membantu meningkatkan respons alami pereda nyeri tubuh. Ini membantu mengatasi rasa sakit kronis dan dapat meningkatkan suasana hati.

BACA JUGA:  Kopi Termahal di Dunia Ternyata dari Kotoran Burung

2. Mengurangi stres

Endorfin ekstra itu tidak hanya memberi sedikit dorongan, tetapi juga dapat mengurangi stres. Tertawa adalah mekanisme penanganan yang berharga saat merasa stres. Tertawa yang hangat dapat membantu seseorang memulai hari dengan suasana positif dan menyelesaikannya dengan santai.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Saat terkikik, terkekeh, atau tertawa, produksi hormon stres tubuh seperti kortisol menjadi berkurang. Itu juga dapat mengaktifkan sel-sel yang melawan infeksi. Dengan mengelola stres dengan tawa, Anda akan membantu melawan reaksi stres dalam tubuh.

BACA JUGA:  Benarkah Apel Bisa Atasi Penyakit Asam Lambung? Ini Penjelasannya

4. Meningkatkan aliran darah ke organ dalam

Setiap kali tertawa, napas ditarik lebih dalam sehingga akan lebih banyak oksigen yang masuk ke paru-paru dan membantu jantung memompa darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh. Peningkatan oksigen mendorong pertumbuhan sel yang sehat dan memungkinkan organ bekerja lebih efisien.

5. Membuat otot rileks

Apakah sedang merasa tegang? Tertawa yang hangat selama beberapa menit dapat mengurangi ketegangan pada tubuh dan membuat merasa lebih tenang.

Sumber: tempo