Rudi Bantu Korban Bencana Puting Beliung, Warga Kasu: Kami Bisa Bangun Kembali Rumah

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, didampingi Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina Rudi, menyerahkan bantuan korban bencana puting beliung di Kasu Belakang Padang, Kamis (20/7/2023).
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, didampingi Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina Rudi, menyerahkan bantuan korban bencana puting beliung di Kasu Belakang Padang, Kamis (20/7/2023).

BATAM, TENTANGKEPRI.COM – Warga Kasu, Belakang Padang, mulai bisa tersenyum dan kembali memulai membangun rumah mereka usai diterpa bencana angin puting beliung.

Pasalnya, warga korban angin puting beliung mendapat bantuan Rp1,1 miliar lebih dari Pemerintah Kota (Pemko) Batam yang diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, didampingi Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina Rudi, Kamis (20/7/2023).

Salah seorang korban, Ardi, sangat mengapresiasi kepedulian Wali Kota Batam. Bahkan, kata dia, dengan bantuan yang diberikan, pihaknya bisa kembali membangun rumah mereka.

“Kami sangat terbantu. Dengan bantuan ini, kami segera membangun rumah kami yang sudah terdampak. Kami sangat berterima kasih,” ucap Ardi.

BACA JUGA:  RSBP Berinovasi, Tebus Obat Tanpa Antri Via GrabExpress

Sementara itu, Ketua Tim Posko Bencana Puting Beliung di Pulau Kasu, Adi bin Ali, melaporkan, hingga saat ini, bantuan terkumpul Rp 960 juta lebih. Bahkan, bantuan kembali ditambah dari Pemko Batam atas kebijakan Wali Kota Batam sebesar Rp 1,1 miliar lebih.

“Terima kasih para dermawan yang sudah menyalurkan bantuan, bantuan ini tetap untuk merevitalisasi 102 rumah supaya masyarakat bisa beraktivitas kembali.

Sementara itu, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, tak hanya menanyakan situasi terkini di kawasan itu. Bahkan, Rudi berbincang langsung dengan korban yang sempat terluka saat bencana terjadi.

BACA JUGA:  Dalam Rangka Penghargaan KKS, Tim Kota Sehat Kota Batam Persiapkan Verifikasi Penilaian Kota Sehat Tingkat Nasional

“Alhamdulillah, korban juga sudah sehat. Sekarang kami datang kembali membantu agar masyarakat bisa membangun kembali rumahnya,” ujarnya.

Adapun, bantuan yang diserahkan sebanyak Rp 1,1 miliar lebih dan hasil sumbangan yang terkumpul Rp 960 juta lebih. Rudi merinci, bantuan yang diberikan yakni Rp 25 juta bagi 37 rumah yang rusak parah, Rp 7,5 juta 16 rumah yang rusak sedang, dan Rp 3,5 juta 43 rumah yang rusak ringan.

“Bantuan ini tidak termasuk yang hasil sumbangan. Bantuan ini sudah saya tandatangani dan sudah bisa diserahkan kepada korban,” ujarnya.

BACA JUGA:  Rudal Rusia Hantam Restoran Tewaskan 8 Orang

Ia berharap, dengan banyaknya bantuan ini, masyarakat Pulau Kasu bisa kembali beraktivitas normal dan kembali pulih.

“Jangan lihat nilainya, tapi ini bentuk perhatian kami untuk masyarakat Kasu,” katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina Rudi, mengapresiasi Pemko Batam yang cepat tanggap dan sigap.

“Semoga bermanfaat bagi masyarakat yang menjadi korban bencana puting beliung dan semoga cepat pulih. Untuk bantuan dari Pemprov Kepri masih diproses,” ujar Wagub Kepri.

Ia mengajak masyarakat saling membahu dan menjaga kekompakan agar apa yang dialami saat ini bisa segera normal kembali. “Jaga persatuan, semoga cepat pulih,” ujarnya.(*)