Kopi Termahal di Dunia Ternyata dari Kotoran Burung

Foto Ilustrasi
Foto Ilustrasi

TENTANGKEPRI.COM – Tahukah kamu, salah satu varietas kopi termahal di dunia ternyata terbuat dari kotoran burung. Tentunya ini bukan sembarang burung ya karena kualitasnya dinilai super.

Dilansir dari Oddity Central, Selasa (20/6/2023) kotoran burung yang digunakan sebagai bahan kopi itu berasal dari burung jacu. Ini merupakan burung yang perawakannya mirip kalkun. Badannya besar dan berwarna hitam.

Mirip seperti kopi luwak, burung jacu ini diberi makan biji kopi. Lalu melalui serangkaian proses pencernaan di dalam tubuhnya, biji kopi itu akan keluar bersama kotorannya. Katanya sih, aromanya sedap.

Produksi kopi jacu ini dilakukan pemilik perkebunan kopi Camocim bernama Henrique Sloper. Perkebunannya sendiri terletak di negara bagian Espirito Santo, Brasil.

Sloper bercerita, jenis kopi jacu ini sebenarnya ditemukan secara tidak sengaja. Mulanya, ia kesal karena perkebunan kopinya diserbu burung jacu.

Kala itu, ia belum tahu bahwa burung jacu di masa depan bisa menjadi rekan bisnis kopinya. Dia langsung menelepon lembaga perlindungan lingkungan. Akan tetapi, mereka juga tidak tahu harus berbuat apa dan menyarankan agar peternakan memberikan predator alami yang dapat memangsa burung jacu.

Namun hal tersebut juga tidak berhasil. Akhirnya, Sloper mencoba berdamai dengan situasi. Ia pun memilih untuk mengikuti alur hidup burung jacu dan kemudian menemukan bahwa kopi dari kotoran mereka punya cita rasa yang enak.

Singkat cerita, Sloper berhasil memproduksi kopi unik ini. Perkebunannya bahkan menjadi satu-satunya yang memproduksi kopi dari kotoran burung jacu. Saat ini, kopi ini menjadi salah satu varietas yang paling dicari di dunia.

Sloper menjelaskan, sistem pencernaan burung jacu dapat menghilangkan hampir semua kafein dalam biji yang dibutuhkan untuk fermentasi. Di samping itu, burung jacu juga punya insting untuk mengkonsumsi kopi dengan kematangan sempurna dari kebun. Jadi nggak heran ya kalau kopi hasil pencernaannya memiliki kualitas terbaik.

Kopi jacu sendiri sudah dijual sampai ke negara Prancis, Jerman dan Inggris. Harga kopi ini dibanderol USD 1.700 (sekitar Rp 25,5 juta) per kilogram.(*)

BACA JUGA:  Sering-seringlah Tertawa, Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan