Pencanangan Kampung Germas, Jefridin Memasyarakatkan Budaya Hidup Sehat

Jefridin saat Pencanangan Kampung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Fasum RW.01 Baloi Indah Anggrek, Lubuk Baja, Minggu (18/6/2023).
Jefridin saat Pencanangan Kampung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Fasum RW.01 Baloi Indah Anggrek, Lubuk Baja, Minggu (18/6/2023).

BATAM, TENTANGKEPRI.COM – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Batam, Jefridin Hamid, mengajak masyarakat untuk terus hidup sehat.

Hal itu disampaikan Jefridin saat Pencanangan Kampung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Fasum RW.01 Baloi Indah Anggrek, Lubuk Baja, Minggu (18/6/2023).

Jefridin mengatakan bahwa Germas merupakan program nasional yang menginstruksikan kepada Kepala Daerah sesuai dengan instruksi Presiden RI nomor 1 tahun 2017, untuk dilakukan sebagai penguatan upaya promosi kesehatan dan pencegahan penyakit di masyarakat.

BACA JUGA:  Buka Pembinaan Akhlak Mulia, Marlin: Perbuatan Baik Tidak Akan Sia-sia Di Hadapan Allah SWT

“Kami terus mengajak masyarakat hidup sehat. Gerakan ini sangat penting untuk saling mengingatkan dan mengedukasi masyarakat,” katanya.

Bahkan, lanjut Jefridin, Germas ini bertujuan membudayakan hidup sehat agar mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat, yang memicu sejumlah penyakit.

BACA JUGA:  Peringatan Harhubnas 2023, Rudi Optimalkan Infrastruktur Transportasi yang Dibangun

Untuk itu, ia meminta kepada seluruh masyarakat Batam untuk bersama-sama menerapkan Germas dengan melaksanakan aktivitas fisik minimal 45 menit setiap hari, mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari, cek kesehatan secara berkala, diberikan ASI eksklusif pada bayi 0-6 bulan, enyahkan asap rokok, dan fungsikan jamban sehat.

“Cara ini yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kita, agar tubuh sehat, bugar, produktif dan membuat kita terhindar dari berbagai serangan penyakit,” ucapnya.

BACA JUGA:  Pemerintah Akomodir Aspirasi Dari Masyarakat Rempang

“Mari sama-sama kita mengajak dan membimbing masyarakat untuk mulai hidup sehat guna meminimalisir resiko terjadinya penyakit,” ujarnya.

“Dengan program ini, kami mengajak seluruh masyarakat Batam untuk mensyukuri dan menghargai nikmat sehat dengan menjaga gaya hidup,” tambahnya.