Rudi-Marlin Ikuti Peringatan Detik-Detik Proklamasi bersama Presiden Jokowi

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, bersama Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina Rudi, mengikuti peringatan Detik- Detik Proklamasi bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, bersama Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina Rudi, mengikuti peringatan Detik- Detik Proklamasi bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

 BATAM, TENTANGKEPRI.COM – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, bersama Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina Rudi, mengikuti peringatan Detik- Detik Proklamasi bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Rudi bersama Marlin terlihat khidmad menyaksikan peringatan Detik-Detik proklamasi tersebut melalui tayangan virtual di Aula Kantor Wali Kota Batam usai mengikuti upacara pengibaran Bendera Merah Putih, Kamis (17/8/2023).

Rudi menyampaikan, pada tanggl 17 Agustus menjadi hari paling bersejarah bagi kemerdekaan Negara Indonesia. Sejarah rangkaian peristiwa 17 Agustus 1945 menjadi titik akhir masa penjajahan di Indonesia.

“Pada tanggal 17 Agustus 1945 tepatnya pukul 10.00 WIB proklamasi kemerdekaan RI dibacakan oleh Ir Soekarno didampingi Mohammad Hatta,” ujarnya.

BACA JUGA:  Marlin: Istri Harus Jadi Supporting System Bagi Suami

Ia melanjutkan, proklamasi kemerdekaan Indonesia pada saat itu tak datang begitu saja, terdapat serangkaian peristiwa yang melibatkan perjuangan para pemimpin dan tokoh pemuda.

“Ini menjadi momen kita semua mengenang perjuangan para pahlawan kemerdekaan RI,” ujar Rudi.

Turut hadir, sejumlah Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam dan sejumlah undangan lainnya.

Untuk diketahui, rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-78 RI sendiri sudah dimulai sejak Minggu 13 Agustus 2023 dengan agenda pawai pembangunan. Kemudian, pada Senin 14 Agustus 2023 dilaksanakan gladi kotor pada pukul 07.30 di Dataran Engku Putri dan dilanjutkan pada pukul 19.30 dengan agenda pengukuhan Paskibraka Kota Batam 2023.

BACA JUGA:  Marlin Serahkan Hibah Mobil untuk Nongsa dan Sei Beduk, Ajak Masyarakat Rawat Persatuan untuk Batam Hebat

Selanjutnya pada Selasa 15 Agustus 2023 pukul 07.30 dilaksanakan gladi bersih upacara HUT ke-78 RI, yang dihadiri langsung oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dan pada pukul 23.00 juga akan dilaksanakan apel kehormatan renungan suci di makam pahlawan Batuaji.

Sedangkan, untuk tanggal 16 Agustus 2023 dilaksanakan Upacara Taptu dan Pawai Obor di Dataran Engku Hamidah. Sementara, untuk pelaksanaan upacara HUT ke-78 RI, dilaksanakan pada 17 Agustus 2023 pukul 07.00 di Dataran Engku Putri. Kemudian, Wali Kota Batam Muhammad Rudi bersama Forkopimda mengikuti upacara detik-detik proklamasi di istana melalui virtual puk 09.00 di lantai IV Kantor Wali Kota Batam.

BACA JUGA:  Rudi Ajak Gerakan Pemuda Nusantara Membangun Batam

Setelah itu, pada siang harinnya, dilanjutkan kegiatan di lapas untuk pemberian remisi narapidana. Dan sore di hari sama, dilanjutkan upacara penurunan bendera, kemudian malamnya akan ada malam resepsi HUT ke-78 RI.

Pada tanggal 18 Agustus juga akan dilaksanakan upacara peringatan Hari Pramuka yang juga akan dilaksanakan di Dataran Engku Putri.(*)