Upaya Tingkatkan Pemasaran Produk UMKM, Pemko Batam Gelar Pelatihan Packaging

Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, menggelar Pelatihan Packaging dalam Rangka Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Kota Batam, yang dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M. Pd, di Pacific Palace Hotel, Kamis (13/7/2023).
Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, menggelar Pelatihan Packaging dalam Rangka Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Kota Batam, yang dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M. Pd, di Pacific Palace Hotel, Kamis (13/7/2023).

BATAM, TENTANGKEPRI.COM – Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, menggelar Pelatihan Packaging dalam Rangka Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Kota Batam, yang dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M. Pd, di Pacific Palace Hotel, Kamis (13/7/2023).

“Apresiasi luar biasa dari Wali Kota Batam, Muhammad Rudi atas terselenggaranya kegiatan ini, mudah – mudahan ilmu yang didapatkan hari ini dapat bermanfaat dan diterapkan. Salah satunya juga guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi bapak ibu sekalian,” kata Jefridin mengawali sambutannya.

BACA JUGA:  139 Tenaga PPPK Di Lingkungan Pemko Batam Terima SK Pengangkatan, Rudi Titipkan Pembangunan Kota Batam Untuk Kesejahteraan Rakyat Batam

Dimana menurut Jefridin kegiatan yang diikuti sebanyak 100 peserta pelaku usaha mikro di Kota Batam ini selaras dengan tujuan pembangunan Pemerintah Kota Batam.

“Kegiatan ini sesuai pesan Pak Wali Kota Batam, Muhammad Rudi ditiap sambutannya, untuk mengambil manfaat dari masifnya pembangunan yang tengah dikerjakan oleh Pemerintah Kota Batam di bawah arahan Pak Wali,” jelas Jefridin.

Infrastruktur yang tengah dibangun pemerintah tidak lain dimaksudkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Batam. Dimana menurutnya hal ini sebagai bentuk pembukaan akses untuk menarik investor, hingga wisatawan baik lokal maupun mancanegara, untuk berkunjung dan memberikan manfaat bagi Kota Batam, salah satunya melalui pajak.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi 'Groundbreaking' Rumah Sakit Pertama di IKN

“Ambil manfaat dari kegiatan ini, buka usaha sendiri dengan memproduksi sesuatu berciri khas Batam, yang dapat dibawa oleh para pengunjung yang datang ke Batam,” ajaknya.

Jefridin juga mengajak para pelaku usaha mikro untuk memperkenalkan budaya Batam. Dirinya mencotohkan salah satunya melalui budaya pantun, yang dapat disematkan pada packaging atau kemasan produk.

“Terimakasih mudah – mudahan pengetahuan yang didapat bisa bermanfaat untuk  pengusaha maupun untuk kesejahteraan masyarakat Batam sendiri,” tutupnya. 

BACA JUGA:  BP Batam Gandeng BPKP Kepri, Perkuat Mitigasi Risiko Percepatan Investasi Rempang Eco City

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam, Hendri Arulan menyampaikan adapun maksud dari pelatihan ini sendiri ialah, guna memberikan wawasan kepada pelaku usaha mikro.

“Tujuannya agar pengusaha dapat mengetahui  bagaimana pengemasan produk yang baik dan menarik, juga memiliki nilai jual,” katanya.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini juga akan disampaikan materi terkait, bagaimana fungsi dan kegunaan dari pengemasan produk. Termasuk pelebelan kotak makanan, untuk memperkuat produk yang dihasilkan oleh pengusaha mikro.(*)