Menko Luhut: Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung Diuji Coba 300 Km Per Jam Bulan Ini

Rapat Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Banggar DPR (Foto: Dwi Rahmawati/detikcom)
Rapat Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Banggar DPR (Foto: Dwi Rahmawati/detikcom)

TENTANGKEPRI.COM – Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan akan melakukan uji coba proyek kereta cepat Jakarta-Bandung bulan ini. Percobaan pertama dilakukan dengan kecepatan 300 KM per jam.

“Saya izin melaporkan juga mengenai kereta api cepat Jakarta-Bandung, jadi kereta api cepat Jakarta Bandung ini karena di bawah koordinasi saya ini tanggal 14 bulan ini kami akan (coba) 300 Km/jam,” kata Luhut dalam rapat kerja dengan Banggar DPR RI, Jumat (9/6/2023).

Luhut juga mengajak anggota DPR Banggar jika ingin mencobanya pada tanggal 15 atau 16 Juni. Pihaknya terbuka dengan pengoperasian kereta itu.

“Saya ulangi kami akan mulai trial 300 Km/jam, jadi nanti kalau Yang Mulia bapak-bapak sekalian mau ikut karena saya juga nanti akan coba yang Km ini apakah tanggal 15 atau 16 itu saya persilakan mungkin Pak Ketua mau hadir sama-sama saya, kita coba kereta api cepat 300 Km,” ujarnya.

Luhut mengatakan sound barrier untuk kereta api cepat Jakarta-Bandung sudah hampir selesai. Di bulan Agustus warga di sekitar rel akan diberikan uji coba secara gratis.

Di bulan tersebut juga, uji coba kereta cepat di angka 350 Km/jam.

“Jadi sound barrier hampir semua selesai, kita akan lihat nanti kereta api cepat ini akan kita siapkan bulan Agustus untuk rakyat sekitar yang tinggal di rel kereta api. Jadi mereka akan kita sampaikan gratis sambil mencoba ini dan itu akan kita capai 350 Km/jam. Jakarta-Bandung itu akan kita tempuh memang kurang dari satu jam,” ungkapnya.

Luhut kemudian menyinggung soal light rail transit (LRT) yang nantinya terhubung dengan kereta cepat. Ia mengatakan di awal pengoperasian LRT banyak masyarakat yang tak setuju.

“LRT itu hampir semua buatan dalam negeri. Memang awal-awal banyak yang tidak setuju, tapi saya lapor presiden ‘Biarkan Pak, buatkan dalam negeri’, memang betul kemarin waktu Presiden naik ada meleset 30 cm, tapi kita kalibrasi saya pikir sekarang ini sudah semua jalan,” tutur Luhut.

“Jadi saya kira berani memulai dengan local content tadi, ini saya mohon dukungan dari Bapak Ibu sekalian,” imbuhnya.(*)

BACA JUGA:  Presiden Jokowi: Jangan Ada Jaksa Nitip Proyek dan Barang Impor

Sumber:detiknews