Meriahkan Pekan Raya Batam dengan Parade Budaya Nusantara dan Bazar Kuliner

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengapresiasi kemeriahan Parade Budaya Nusantara di Pekan Raya Batam, Sabtu (2/9/2023).
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengapresiasi kemeriahan Parade Budaya Nusantara di Pekan Raya Batam, Sabtu (2/9/2023).

BATAM, TENTANGKEPRI.COM –  Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengapresiasi kemeriahan Parade Budaya Nusantara di Pekan Raya Batam, Sabtu (2/9/2023).

Dalam kegiatan yang dipusatkan di Harbour Bay itu berlangsung  selama 9 hari tersebut juga diikuti pelaku UKM yang  mengikuti Bazar Kuliner.

Ardi mengatakan, giat ini  merupakan kegiatan yang mampu menggeliatkan sektor pariwisata budaya dan UKM di Kota Batam.

“Amenitas dan Aksesibilitas di Batam sudah memadai, tinggal kita mengisinya dengan atraksi atau event-event yang bisa mengundang wisatawan datang ke Batam,” ujar Ardi.

BACA JUGA:  BP Batam Pastikan Video Demo Rusuh di Kota Batam Hoaks

Ardi pun mengapresiasi Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Karnaval Indonesia (DPD AKARI) Provinsi Kepulauan Riau yang menggelar Parade Budaya Nusantara Kepri 2023.

“Semoga ke depan makin semarak, dan event ini sangat luar biasa,” kata Ardi.

Sementara itu, Ketua DPD AKARI Kepri, Silvia Hilda Kusumaningtyas, mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan oleh DPD AKARI Kepri ini didukung oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Kepulauan Riau serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam.

Ia mengatakan, gelaran Parade Budaya merupakan rangkaian dari acara Pekan Raya Batam dengan lokasi di Harbour Bay Down Town Batam dari tanggal 2-10 September 2023.

BACA JUGA:  Sosialisasi Budaya Sensor Mandiri, Rudi Imbau Warga Cerdas Memilih Tontonan

“Parade Budaya meliputi berbagai pertunjukan yang mengangkat aneka seni dan budaya nusantara , baik dari busana, kain/wastra nusantara seperti batik, tenun, ulos, songket, lurik, sasirangan, dan lain-lain,” katanya.

Selain itu, ada fashion carnival dan seni tari, yang diikuti dan dihadiri oleh berbagai Paguyuban Seni baik dari dalam dan luar negeri. Sedangkan untuk fashion carnival akan diikuti para talent karnaval anggota AKARI yang berasal dari Batam, Tanjung Pinang , Lingga, Karimun dan Bintan.

BACA JUGA:  Diskominfo Batam Borong Piala Hari Bakti Postel ke-78

Dalam kegiatan tersebut juga akan diserahkan mandat dari DPD AKARI Kepri kepada Dewan Pengurus Cabang (DPC) di kabupaten/kota yang ada di provinsi segantang lada ini.

“Mandat bakal diberikan pada para Ketua DPC AKARI Kabupaten/Kota. Merekalah nanti yang akan merangkul para insan seni di daerahnya untuk aktif dan kreatif di bidang karnaval,” kata Silvia.

Kegiatan ini dibuka Kadis kebudayaan Provinsi Kepri Juramadi Ersam dihadiri Anggota DPRD Provinsi Kepri Sirajudin Nur dan Asosiasi Pariwisata Kepri dan Batam.(*)