Berikut 5 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Foto Ilustrasi
Foto Ilustrasi

TENTANGKEPRI.COM – Mentimun banyak mengandung antioksidan, vitamin, dan bahkan beberapa serat. Mentimun tumbuh di tanaman merambat dan tumbuh subur di cuaca hangat. Ini adalah bagian dari keluarga Cucurbitaceae, yang juga termasuk semangka, melon, labu, dan labu musim panas, misalnya, zucchini, menurut sebuah artikel di Journal of Ethnopharmacology. Tergantung pada varietasnya, mentimun dapat bervariasi dalam ukuran dan warna dari kuning-hijau hingga hijau tua.

Ada banyak hal yang disukai tentang fakta nutrisi mentimun yang sederhana. Sayuran ini  menawarkan nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin K, dan serat, yang terakhir banyak ditemukan di kulitnya, menurut ahli diet Paula Doebrich. Bahkan bijinya (yang juga dapat dimakan) memiliki manfaat, karena menawarkan serat dan beta-karoten yang ramah pencernaan. Pada catatan itu, seluruh mentimun penuh dengan antioksidan yang disebut flavonoid. Ini termasuk senyawa seperti quercetin dan kaempferol, menurut sebuah artikel di Chilean Journal of Agricultural Research. Beberapa manfaat kesehatan mentimun berhubungan dengan kandungan antioksidan makanan.

1. Dapat mengurangi risiko penyakit

Mentimun mengandung banyak sekali antioksidan, termasuk beta-karoten, lutein, zeaxanthin, vitamin C, dan vitamin K. Itu di atas flavonoid seperti quercetin dan kaempferol, seperti yang disebutkan sebelumnya. Antioksidan melawan radikal bebas dengan menetralkan mereka, yang pada akhirnya membuat mereka tidak berbahaya, jelas Doebrich. Hal ini penting karena kelebihan radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan stres oksidatif, pemain utama dalam kondisi kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Tetapi dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan, misalnya mentimun (dan menjalani gaya hidup sehat), Anda dapat mengurangi risiko dengan mengelola stres oksidatif secara efektif.

BACA JUGA:  SMSI Kepri Jalin Kerjasama dengan RSBK Terkait Layanan Kesehatan

2. Memberikan hidrasi

Tidak mungkin membicarakan manfaat mentimun tanpa menyebutkan kandungan airnya. Mentimun terbuat dari sekitar 95 persen air yang menjadikannya makanan yang sangat menghidrasi, menurut ahli diet Laura Iu. Sayuran renyah benar-benar dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan hidrasi harian Anda. Ini penting, karena tubuh Anda membutuhkan air untuk melakukan proses biologis penting seperti mengatur suhu dan membuang limbah melalui urin, seperti yang dicatat oleh Mayo Clinic. Meskipun Anda masih perlu minum cairan sepanjang hari, makan mentimun adalah cara yang bagus untuk tetap terhidrasi.

3. Mendukung pencernaan yang sehat

Manfaat mentimun yang menghidrasi juga meluas ke usus Anda. Ketika Anda tidak mengonsumsi cukup cairan, usus besar Anda (usus besar) akan mengeluarkan air dari tinja, menyebabkannya mengering, seperti yang dijelaskan Iu. Ini dapat membuat tinja lebih sulit untuk dikeluarkan, berpotensi menyebabkan serangan sembelit. Namun, tetap terhidrasi (melalui air minum dan makan mentimun, misalnya) akan membantu menjaga segala sesuatunya tetap bergerak dan mencegah sembelit, kata Iu.

BACA JUGA:  398 PPPK Tenaga Kesahatan Terima SK Pengangkatan

Di departemen serat, “mentimun tidak terlalu tinggi [dalam nutrisi], tetapi mengandung sejumlah kecil serat larut dan tidak larut,” kata Iu. “Serat yang tidak larut menambah jumlah besar pada tinja, sementara serat larut membantu mengikatnya bersama-sama. Kedua efek ini mengatur pergerakan usus, sehingga membuka jalan bagi pasangan nomor dua yang lebih nyaman.

4. Mengatur kadar gula darah

Kaempferol antioksidan dapat membantu tubuh Anda mengelola glukosa darah, atau gula darah, menurut sebuah artikel di IntechOpen. Antioksidan bekerja dengan menekan amilase dan glukosidase, dua enzim yang memecah karbohidrat. (FYI: Dalam tubuh Anda, karbohidrat dipecah menjadi glukosa, yang digunakan sel-sel Anda untuk energi.) Ini memperlambat kenaikan glukosa darah, sehingga mencegah lonjakan drastis dan berpotensi mengelola diabetes. Terlebih lagi, mentimun secara alami rendah gula dan menawarkan serat, yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah, menurut Doebrich.

BACA JUGA:  Lepas Calon Jamaah Haji Khusus, Jefridin Berpesan Menjaga Kesehatan Selama di Tanah Suci

5. Dapat mempromosikan pembekuan darah yang sehat

Manfaat mentimun lainnya melibatkan pembekuan darah yang sehat. Ini karena kandungan vitamin K yang tinggi, yang penting untuk proses tersebut. Secara khusus, “vitamin K membantu tubuh membuat beberapa protein yang dibutuhkan untuk pembekuan darah,” jelas Doebrich. Ini memastikan Anda tidak kehilangan terlalu banyak darah saat terkena luka atau luka, menurut Harvard T.H. Chan School of Public Health..

Saat memilih mentimun segar, carilah cukes yang keras, berwarna hijau tua, dan berat untuk ukurannya, seperti yang direkomendasikan oleh University of Maryland. Di rumah, simpan mentimun utuh di lemari es hingga tujuh hari. Sebelum makan, cuci sayuran di bawah air hangat yang mengalir dan gunakan sikat produk untuk menghilangkan kotoran atau kotoran. Ini sangat penting jika Anda ingin memakan kulitnya — yang, sekali lagi, mengandung sebagian besar nutrisi mentimun. Dari sana, Anda dapat mengiris atau memotong mentimun, tergantung resep Anda. Simpan potongan mentimun yang sudah dipotong dalam wadah kedap udara di lemari es selama satu atau dua hari. (*)

Sumber: tempo