Batam  

Jefridin Ajak Masyarakat Tanjung Buntung Manfaatkan Bank Sampah untuk Pilah Sampah dari Rumah

Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam melakukan sosialisasi pilah sampah dari rumah kepada masyarakat Kelurahan Tanjung Buntung, Kecamatan Bengkong, Senin (27/11/2023).
Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam melakukan sosialisasi pilah sampah dari rumah kepada masyarakat Kelurahan Tanjung Buntung, Kecamatan Bengkong, Senin (27/11/2023).

BATAM, TENTANGKEPRI.COM –  Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam melakukan sosialisasi pilah sampah dari rumah kepada masyarakat Kelurahan Tanjung Buntung, Kecamatan Bengkong, Senin (27/11/2023). Ketua TP-PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. menyampaikan melalui kegiatan pilah sampah dari rumah ini dapat menambah ekonomi keluarga.

“Pilah sampah ini merupakan kebijakan dari Wali Kota Batam dan dieksekusi oleh PKK dan DLH. Karena sampah termasuk masalah kehidupan, jika tidak disikapi dengan baik akan menjadi penyakit. Untuk itu Saya mengajak agar Ibu-ibu semua dapat melakukan kegiatan pilah sampah dari rumah melalui bank sampah,” ucapnya didampingi Kadis DLH, Herman Rozie.

BACA JUGA:  Wali Kota Batam Ajak Warga Teladani Perjuangan Pahlawan

Dipaparkannya bahwa dalam satu hari masing-masing orang menghasilkan sampah 0,8 gram sampah. Ini menurutnya belum termasuk sampah industri dan sampah pasar. Salah satu langkah untuk mengurangi volume sampah adalah dengan melakukan pilah sampah. Berkurangnya volume sampah tentunya akan berdampak pada berkurangnya pengeluaran APBD untuk pengelolaan sampah ini.

BACA JUGA:  Pemko Batam Konsen Intervensi Pencegahan Stunting, Jefridin Buka Rapat Koordinasi Pendataan Gizi

“Sampah ini ada yang memiliki nilai ekonomis, jika dipilah tentu akan menambah penghasilan bagi Kita. Itu lah kenapa pemerintah melalui DLH mengedukasi masyarakat agar melakukan pilah sampah,” ujarnya.

Selanjutnya Jefridin menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat yang sudah memberikan dukungan untuk pembangunan Batam. Untuk itu masyarakat harus menjaga agar Batam aman, nyaman dan kondusif. Jika Batam aman, nyaman dan kondusif maka orang akan datang berkunjung ke Kota Batam.

BACA JUGA:  Piala Asia U-23, BP Batam dan Pemko Batam Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Irak

“Mereka yang datang berkunjung adalah investor dan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Investor akan berinvestasi dan terbukalah lapangan pekerjaan. Sementara jika orang datang ke Batam, restoran dan hotel akan penuh. Pendapatan asli daerah Kita akan bertambah, ini lah yang Kita gunakan untuk membangun infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.(*)