Bimtek TKDN, Jefridin Tekankan Komitmen Wali Kota Cegah Perilaku Korupsi

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M. Pd., membuka secara langsung Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Preferensi Harga atau TKDN dan Konsolidasi Paket- paket Pengadaan Langsung pada Pekerjaan Konstruksi, di Planet Holiday Hotel, Selasa (27/6/2023).
Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M. Pd., membuka secara langsung Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Preferensi Harga atau TKDN dan Konsolidasi Paket- paket Pengadaan Langsung pada Pekerjaan Konstruksi, di Planet Holiday Hotel, Selasa (27/6/2023).

BATAM, TENTANGKEPRI.COM –  Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M. Pd., membuka secara langsung Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Preferensi Harga atau TKDN dan Konsolidasi Paket- paket Pengadaan Langsung pada Pekerjaan Konstruksi, di Planet Holiday Hotel, Selasa (27/6/2023).

Hadir selaku narasumber, Direktorat Advokasi Pemerintah Daerah LKPP, Erlangga Aninditya. Serta peserta yang terdiri dari para Pejabat Pembuat Komitmen (PPTK), Kelompok Kerja Pemilihan BPBJ, serta para Pejabat Pengadaan di Lingkungan Pemerintah Kota Batam.

“Saya ingin sampaikan kabar baik, bahwa tanggal 24 Mei 2023 lalu di Jakarta, BPBJ Kota Batam berhasil meraih penghargaan Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa pada level proaktif atau level tiga. Kami sangat mengapresiasi semangat Tim, semoga BPBJ kedepan dapat menjadi pusat keunggulan pengadaan,” ujarnya bangga.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi sebut Tantangan di Ruang Digital Semakin Besar

Menurutnya, belanja barang dan jasa pemerintah penting dalam memberikan pelayanan publik, meningkatkan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di Kota Batam. Juga ia menambahkan, kegiatan ini penting untuk aksi pencegahan korupsi KPK tahun 2023.

“Pengadaan barang dan jasa ini tiap tahunnya menjadi konsen Bapak Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Dicatat dan saya tekankan untuk tidak main- main dengan tindak pidana korupsi, karena konsen dan komitmen Pak Wali meminimalisir perilaku korupsi tersebut,” tegasnya.

BACA JUGA:  Akselerasi Pengarsipan Digital, BP Batam Terapkan Aplikasi SRIKANDI

Adapun tujuan pemenuhan dalam Bimtek ini berfokus pada pemenuhan komitmen TKDN dan E- Purchasing. Diantaranya, terkait permasalahan pengadaan barang dan jasa yang perlu dipastikan implementasinya di daerah dalam mendukung perekonomian UMKM, PBJ yang masih belum mendukung pelaku UMKM, pengadaan dengan nilai kecil dan tidak transparan, serta pengadaan yang rawan disalahgunakan.

“Batam tidak seperti ini setahu saya. Saya tidak sepakat karena Batam tidak seperti ini. Allhamdulilah Batam keren, tapi jangan lengah,” ujar Jefridin.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Terkait Menpora Terseret Kasus Korupsi BTS: Jangan Tanya ke Saya

Tambahnya, fokus lain berupa pencegahan korupsi pengadaan secara langsung. Meliputi, pokok pikiran yang menjadi modus mendapatkan proyek bagi oknum anggota DPRD, praktik penyuapan proyek dari pokok pikiran, kegiatan PBJ melalui pengadaan langsung yang tidak transparan, dan lain sebagainya.

“Mohon perhatikan bagi para peserta semoga dapat mengambil manfaat dan mengaplikasikan hasil dari bimtek ini, untuk masyarakat Batam kita tercinta. Dan kepada narasumber terimakasih saya haturkan, dan selamat datang di Kota Batam bandar dunia madani,” kata Jefridin sekaligus menutup sambutannya.(*)