Jefridin Apresiasi Pemecahan Rekor MURI Dunia “Replika Dapur Arang dari 6.666 Rangkaian Luti Gendang”

Foto ist
Foto ist

BATAM, TENTANGKEPRI.COM – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. menghadiri kegiatan Bahari Kepri Tahun 2023 Di Pesantren An Ni’Mah Kampung Tua Dapur 12 Kecamatan Sagulung, Jumat (25/08/2023).

Jefridin mengapresiasi Pemecahan Rekor MURI Dunia “Edukasi Cinta, Bangga, Paham (CBP) Rupiah di Pulau Terbanyak” dan “Replika Dapur Arang dari Rangkaian Luti Gendang Terbanyak” yang digelar oleh Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Kepri. Pemecahan rekor MURI ini ditandai dengan peletakan Luti Gendang ke 6.666 oleh Jefridin.

Dalam kesempatan itu Jefridin menerima sertifikat penghargaan rekor MURI Dunia “Replika Dapur Arang dari Rangkaian Luti Gendang Terbanyak” dan juga medali. Penghargaan CBP diterima oleh Kepala BI Perwakilan Kepri, Suryono.

Selanjutnya secara bersama-sama dilakukan peresmian Kampung “Cinta Bangga dan Paham Rupiah” di Kampung Tua Dapur 12 dalam bentuk perpustakaan mini.

BACA JUGA:  Rudi Ajak KBB Kompak Mambangun Kota Batam

“Atas nama Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi, Saya menyampaikan salam dan permohonan maaf dari Beliau karena tidak bisa untuk bersama-sama hadir di sini. Mewakili Beliau, Saya ucapkan tahniah dan apresiasi kepada BI yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini. Dan terimakasih kepada MURI yang telah memberikan rekor MURI Dunia,” ujar Jefridin mengawali sambutannya.

Katanya, kegiatan ini tentu akan menjadi motivasi bagi kita semua. Karena BI Perwakilan Kepri sudah memberikan edukasi cinta, bangga dan paham pada Rupiah. Terlebih edukasi ini diikuti oleh anak-anak yang tersebar di Kabupaten/Kota se Provinsi Kepri. Jefridin menjelaskan bahwa di Kepri berjumlah pulau 2.408 terdapat di Batam ada 370 pulau.

BACA JUGA:  Marlin Ajak Perempuan Tingkatkan Minat Pada Kewirausahaan

“Kita bangga dengan capaian rekor Dunia ini. Semoga bermanfaat bagi kita. Dan dapur arang ini ke depan bisa menjadi cagar budaya bagi kita. Mari sama-sama kita tingkatkan kolaborasi untuk membangun Kota Batam yang kita cintai ini,” ujar Jefridin.

Perwakilan BI Kepulauan Riau, Suryono menyampaikan event pagi ini ada dua rekor dunia yang dipecahkan oleh BI Perwakilan Kepri. Pertama adalah Edukasi CBP yang digelar di 120 titik di pulau terbanyak di 7 Kabupaten/Kota se Provinsi Kepri. Selanjutnya rekor dunia Replika Dapur Arang dari Rangkaian Luti Gendang Terbanyak yang berjumlah 6.666.

“Edukasi Cinta Rupiah kita gencarkan karena Kepri berada di daerah perbatasan. Kenapa kita harus cinta rupiah, karena rupiah merupakan mata uang Indonesia. Cara kita mencintainya, dengan mengenal mata uang kita serta merawat mata uang,” paparnya.

BACA JUGA:  Amsakar Apresiasi Komitmen ALPPIND, Wujudkan Ketahanan Keluarga Demi Batam Yang Lebih Hebat

Replika Dapur Arang terbuat dari rangkaian Luti Gendang Terbanyak yang berjumlah 6.666. Kenapa dapur arang, karena dulu dapur arang yang digunakan untuk membakar arang yang akan diekspor ke Singapura.

“Selain untuk menjadi tujuan wisata juga untuk mendukung UMKM di Kota Batam,” tuturnya.

Senior Manager MURI, Andre Purwanjono, menjadi saksi kegiatan yang luar biasa. Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah dalam jumlah terbanyak. “Akan kami catat sebagai rekor dunia, karena rekor dengan replika luti gendang ini hanya ada di Kepri, ucapnya.

Kegiatan dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Tri Wahyu Rubianto, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata, Camat Sagulung, Muhammad Hafis dan unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan Sagulung.(*)