8 Hal yang Sebaiknya Tidak Anda Posting di Media Sosial

Foto Ilustrasi
Foto Ilustrasi

TENTANGKEPRI.COM – Dunia media sosial adalah tempat yang menakjubkan. Sangat menyenangkan untuk memposting foto Anda di pantai, menunjukkan keahlian memasak yang Anda banggakan, atau mengabadikan kenangan bersama keluarga Anda.

Namun, seperti platform publik lainnya, platform ini harus digunakan dengan hati-hati dan bertanggung jawab. Hal-hal tertentu bukan hanya tidak disarankan untuk diunggah di media sosial, tetapi juga dapat menyebabkan banyak kerugian.

Pastikan Anda menggunakan media sosial hanya untuk kebaikan dan simpan informasi sensitif apapun hanya untuk Anda lihat. Berikut ini deretan hal yang sebaiknya tak Anda unggah di media sosial dilansir dari Ponly, Jumat (25/8/2023).

1. Alamat Tempat Anda Tinggal

Memposting di mana Anda berada saat ini adalah hal yang dilarang di media sosial. Saat Anda memposting bahwa Anda sedang pergi berlibur, hal ini akan memberi tahu orang-orang bahwa rumah Anda tidak berpenghuni, sehingga bisa menjadi incaran mereka yang berniat jahat. Ini juga memudahkan orang yang tidak mengenal Anda untuk menemukan keberadaan Anda.

2. Foto Anak Beserta Namanya

Memposting foto anak-anak di media sosial masih menjadi topik kontroversial, namun satu hal yang jelas adalah jangan menyebutkan nama anak Anda. Salah satu alasannya adalah Anda menghilangkan persetujuan dan privasi anak sebelum mereka mencapai usia yang dapat mereka pahami.

BACA JUGA:  Kata Marlin, Perempuan Selalu Fokus

Hal ini juga dapat menyebabkan orang asing atau bahkan orang-orang dalam lingkaran sosial Anda mengetahui hal-hal tentang anak-anak Anda yang mungkin ingin Anda rahasiakan.

Hal terakhir yang Anda patut diwaspadai adalah seseorang berpura-pura bahwa mereka mengenal anak Anda dan melakukan hal yang tidak diinginkan.

Anak-anak rentan dan mudah memercayai orang dewasa yang mereka anggap paling tahu. Lindungi anak-anak dan jauhkan nama mereka dari media sosial.

3. Status Hubungan Anda

Memang terkesan aneh, namun sayangnya postingan bahwa Anda masih lajang bisa menimbulkan spam yang berisi tawaran tidak pantas dari orang lain. Ini mungkin juga menunjukkan bahwa Anda tinggal sendiri atau Anda akan sendirian pada waktu-waktu tertentu dalam sehari. Jika Anda ingin orang tahu bahwa Anda lajang, sebaiknya simpan di platform kencan tempat orang-orang mencari jenis hubungan yang sama, dan informasi Anda lainnya bersifat rahasia.

4. Keluhan Tentang Pekerjaan

Kita semua pernah mempunyai atasan yang buruk atau pekerjaan yang penuh stres dan menantang, namun mengunggah hal tersebut di media sosial bukanlah ide yang baik. Hal ini tidak hanya menunjukkan kurangnya komunikasi di tempat kerja, tetapi juga tidak menghormati atasan Anda. Jika Anda terlalu banyak bekerja, bicarakan dengan manajer Anda atau cari posisi yang lebih cocok untuk Anda.

BACA JUGA:  KPU Belum Tahu Usulan Bawaslu Terkait Penundaan Pilkada

Perlu diingat bahwa beberapa pekerjaan tidak mengizinkan Anda memposting di tempat Anda bekerja karena alasan keamanan. Misalnya, jika Anda bekerja di bank atau sekolah.

Alasannya adalah seseorang mungkin memanfaatkan situasi Anda dan mengancam atau menjelek-jelekkan Anda demi keuntungannya. Mengeluh tentang tempat kerja mungkin tampak tidak berbahaya, namun bisa merugikan pekerjaan Anda.

5. Informasi Kapan dan di Mana Anda Akan Berlibur

Semua orang menyukai perjalanan ke Bali, tetapi memposting bahwa Anda akan berangkat dalam dua minggu dan akan pergi selama tujuh hari bukanlah ide terbaik.

Pertama, hal ini membuat orang lain mengetahui di mana Anda berada dan pada jam berapa, namun hal ini juga membahayakan rumah Anda. Pembobolan paling sering terjadi saat orang pergi berlibur, jadi pasang foto liburan tersebut saat Anda kembali.

BACA JUGA:  Hati-hati! Wajib Diperhatikan Saat Tindik Telinga Bayi

6. Foto yang Tidak Pantas

Orang bisa dipecat karena pelanggaran di internet. Banyak tempat kerja memandang karyawannya sebagai perpanjangan tangan perusahaan. Jadi, saat Anda memposting foto diri Anda yang tidak pantas, pada dasarnya Anda juga mewakili mereka.

Meskipun hal ini tidak menjadi masalah bagi beberapa perusahaan, perusahaan lain akan menganggapnya sangat serius. Yang terbaik adalah tetap menjaga citra diri Anda dengan baik.

7. Mengancam Orang Lain

Meskipun itu hanya ancaman kosong, kata-kata kasar dan argumen di media sosial Anda menunjukkan orang seperti apa Anda. Pertikaian yang negatif dan memanas menunjukkan kurangnya pengendalian diri dan sifat cepat marah. Anda mungkin juga mengatakan sesuatu yang Anda sesali, dan, tidak seperti komunikasi tatap muka, tidak mudah untuk menariknya kembali.

8. Detail Pribadi Tentang Apapun

Detail pribadi seperti nama anjing Anda dan jalan-jalan di pantai boleh-boleh saja. Namun alamat rumah, nomor telepon, dan email Anda sebaiknya dirahasiakan kecuali Anda memberikannya kepada seseorang yang Anda percayai. Informasi sensitif apa pun yang dipublikasikan membuat Anda rentan terhadap pencurian identitas dan penipuan.(*)