Pemko Masih Buka Pendaftaran Lomba Mobil Hias Pawai Takbir Idul Adha

Foto Ist
Foto Ist

BATAM, TENTANGKEPRI.COM – Jelang pelaksanaan Pawai Takbir Idul Adha tingkat Kota Batam Tahun 1444 Hijriah, Rabu (28/6/2023) yang digelar Pemerintah Kota (Pemko) sudah 16 kendaraan hias yang mendaftar untuk mengikuti lomba mobil hias. Dalam rapat teknis Pelaksanaan Pawai Takbir dan Shalat Idul Adha yang dipimpin Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Batam, Firmansyah disebutkan Pawai Takbir dimulai pukul 19.30 WIB, dan dipusatkan di Dataran Engku Hamidah.

Katanya, pendaftaran peserta lomba mobil hias akan dibuka hingga Senin (26/06/2023) melalui Bagian Kesra Setdako Batam. Pawai Takbir akan dilepas oleh Bapak Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. “Rute yang dilalui sama dengan pawai takbir pada Idul Fitri lalu, start dari Dataran Engku Hamidah dan finish di Simpang Tembesi,” sebut Firman.

BACA JUGA:  Wali Kota Batam Serahkan Sembako Subsidi, Warga Terdaftar Diminta Tidak Berdesakan

Untuk lomba mobil hias Pemko Batam menyiapkan hadiah hingga Rp 36 juta bagi pemenang. Beberapa kriteria lomba mobil hias Pertama menggunakan mobil pick up atau lori maksimal roda enam. Kedua, tinggi mobil hias maksimal 4 meter, dan tinggi dari permukaan aspal 50 sentimeter.

Ketiga, peserta pawai antara 7 sampai 10 orang. Keempat, peserta dapat menampilkan logo dan slogan. Kelima, dimensi hiasan atau dekorasi menyesuaikan dengan jenis kendaraan. Keenam, kontruksi hiasan atau dekorasi dirancang sedemikian rupa dan tetap mempertimbangkan pergerakan dan manuver kendaraan dalam rangka keselamatan berlalu lintas (pandangan pengemudi dan penerangan dan lain-lain).

BACA JUGA:  Pemko Batam Cairkan Insentif 4.034 Kader Posyandu dan Kelurahan Siaga 2024

Dengan kriteria penilaian pawai takbir, lafadz dan suara, dekorasi kendaraan sesuai dengan tema Idul Adha, kerapian dan keserasian, jumlah peserta dan kekompakkan dan ketertiban dalam berlalu lintas. Selain pawai takbir, pemko juga menggelar gema takbir Idul Adha. Hiburan musik lokal di Dataran Engku Hamidah.

Sementara untuk pelaksanaan Shalat Idul Adha Tingkat Kota Batam dilaksanakan pada Kamis (29/06/2023) dimulai pukul 07.00 WIB s/d selesai. Tempat Shalat Idul Adha Tingkat Kota Batam menurutnya ditetapkan tiga lokasi, Dataran Engku Putri Batam Centre , Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah dan Masjid Baiturrahman, Sei Harapan.

Untuk imam pada pelaksanaan Salat Idul Adha di Dataran Engku Putri akan dipimpin oleh H. Muslim Ahmad, Khatib Bambang Maryono Ketua MUI Provinsi Kepri dan Bilal Baihaqi Al Ghozali. Di masjid Sultan Mahmud Riayat Syah selaku Imam, Ustadz Syamsul Efendi, Khatib Ustadz Lukman Rivai dan Bilal, Mirwan Priadi. Di Masjid Baiturrahman Imam dipimpin Ustadz Ahmad Faisal, Bilal adalah Rudi Maulana dan Khatib Ustadz Muhammad Juni Bedu.

BACA JUGA:  Mudahkan Investasi, Pemerintah Berkomitmen Penuhi Kebutuhan Administrator KEK

“Untuk pelaksanaan Salat Idul Adha di Dataran Engku Putri jika hujan harus dicari masjid alternatif terdekat. Bagian Kesra harus berkoordinasi dengan masjid terdekat yang ada di kawasan Batamcenter. Semoga cuaca cerah selama pelaksanaan Salat Idul Fitri dan qurban di Kota Batam,” katanya mengakhiri.(*)