Buka Secara Resmi Pelatihan Proktor ANBK, Jefridin Berpesan Peserta Dapat Kuasai Materi Dari Nara Sumber

Dinas Pendidikan Kota Batam menyelenggarakan Pelatihan Proktor Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Jenjang SD dan SMP se Kota Batam di Hotel Golden View, Senin (21/08/2023).

BATAM, TENTANGKEPRI.COM – Dinas Pendidikan Kota Batam menyelenggarakan Pelatihan Proktor Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Jenjang SD dan SMP se Kota Batam di Hotel Golden View, Senin (21/08/2023). Secara resmi pelatihan ini dibuka Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Pelatihan ini turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Tri Wahyu Rubianto.

Dalam kesempatan itu Jefridin menyampaikan salam dan permohonan maaf dari Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dan Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Marlin Agustina Rudi yang tidak bisa hadir bersama dalam acara pembukaan pelatihan proktor ANBK pagi ini.

BACA JUGA:  Dukung Pembangunan TPQ, Rudi : Semoga Anak Kita Pintar Mengaji dan Paham Agama

“Saya mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pendidikan Kota Batam yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Semoga melalui pelatihan ini dapat menambah wawasan, pengalaman dan ilmu,” pesan Jefridin.

Ia menuturkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan penguasaan sebagai proktor dan teknisi. Selain itu juga untuk memahami dan meneliti infrastruktur yang digunakan sebagai sarana penunjang ANBK serta meningkatkan tugas dan tanggungjawab sebagai penyelenggara ANBK .

“Untuk itu, ikuti kegiatan ini dengan baik dan harus tuntas mengikutinya. Sehingga apa yang disampaikan Nara sumber dapat dikuasai. Minimal 80 persen bisa diserap, 20 persennya bisa dicapai dari tanya jawab,” ujarnya menyampaikan pesan Wali Kota, Muhammad Rudi.

BACA JUGA:  SPRM Johor Kaget Menyaksikan Perkembangan Kota Batam, Terus Membangun dan Makin Maju

Kepala Bidang GTK Dinas Pendidikan Kota Batam, M. Jupri menuturkan kegiatan ini bertujuan untuk memaksimalkan analisa karakter peserta didik. Melalui ANBK, dapat dianalisa pula hasil belajar social- emosional masing-masing peserta.

“Juga untuk meningkatkan kemampuan literasi bagi peserta. Melalui ANBK, dapat diukur sejauh mana kemampuan literasi membaca setiap peserta. Hal ini tentu dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk dapat meningkatkan kemampuan literasi masing-masing peserta,” ujarnya memaparkan tujuan ANBK.

BACA JUGA:  Tingkatkan Produksi Usaha Rumah Tangga, Pemko Batam Selenggarakan Pelatihan Digital Marketing dan Branding Produk

Kegiatan Pelatihan Proktor ANBK, ini dibagi dalam dua kelompok, jenjang SD dan jenjang SMP. Untuk jenjang SMP dilaksanakan selama tiga hari, tanggal 21–23 Agustus 2023. Dan untuk jenjang SD dilaksanakan tanggal 24-26 Agustus 2023. Total jumlah peserta berjumlah 400 orang.

Adapun narasumber kegiatan Pelatihan Proktor ANBK Jenjang SD dan SMP dari yakni dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) dan Dinas Pendidikan Provinsi Kepri.(*)