Wujudkan ASN Yang Profesional, BKN Gelar Rakor Evaluasi Sistem Seleksi ASN Di Lingkungan Regional XII

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pusat Pengembangan Sistem Seleksi BKN di Aula Embung Fatimah Lantai IV Kantor Walikota, Kamis (20/07/2023)
Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pusat Pengembangan Sistem Seleksi BKN di Aula Embung Fatimah Lantai IV Kantor Walikota, Kamis (20/07/2023)

BATAM, TENTANGKEPRI.COM –  Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pusat Pengembangan Sistem Seleksi BKN di Aula Embung Fatimah Lantai IV Kantor Walikota, Kamis (20/07/2023). Rombongan Plt. Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto disambut oleh Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M. Pd. Jefridin mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terimakasih karena telah memilih Batam sebagai tempat diselenggarakannya Rakor Pusat Pengembangan Sistem Seleksi BKN di Lingkungan Regional XII.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa Pusat Pengembangan Sistem Seleksi mempunyai tugas melaksanakan kebijakan teknis sistem dan materi seleksi, mengelola teknologi informasi sistem seleksi serta penyelenggaraan seleksi. Untuk itu proses seleksi harus transparan, akuntabilitas dan tentunya mengedepankan keterbukaan informasi,” sebut Jefridin dalam sambutannya.

Untuk itu maka perlu dilakukan seleksi pegawai, karena itu merupakan proses yang penting dalam memilih calon pegawai yang berkualitas dalam mengisi posisi strategis di pemerintahan. Karena proses seleksi yang baik dan objektif akan memberikan manfaat besar bagi organisasi, masyarakat dan calon pegawai itu sendiri. Harapannya, melalui Rakor ini dapat ditemukan sebuah sistem sehingga seleksi penerima pegawai lebih baik dari sebelumnya.

BACA JUGA:  Komitmen Pemko Batam Tekan Stunting, Jefridin Salurkan Langsung Bantuan PMT Susu Ibu Hamil di Puskesmas Botania

“Mari kita lanjutkan upaya kita dalam meningkatkan proses seleksi pegawai agar semakin adil, transparan dan efektif. Karena dengan melakukan seleksi yang baik tentu akan melahirkan pegawai yang kompeten, berdedikasi dan siap memberikan kontribusi terbaiknya bagi kemajuan organisasi dan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi (PPSS), Soni Sultana, S.Kom. Rakor ini akan membahas Focus Group Discussion (FGD) Pembahasan Proses Bisnis Revitalisasi Sistem Rekrutmen Dan Evaluasi Pelaksanaan Seleksi Di Wilayah Kepulauan. Ia menyampaikan ucapan terimakasihnya karena Pemerintah Kota (Pemko) Batam telah menfasilitasi pelaksanaan Rakor ini. Adapun peserta Rakor terdiri dari BKN, Biro Perencanaan Kanreg XII, BKPSDM Kota Batam dan UPT BKN Kota Batam.

BACA JUGA:  Jefridin Tegaskan Data Program Indonesia Pintar (PIP) Harus Akurat

“Kami mencoba untuk merevitalisasi sistem seleksi dalam pembuatan portal terkait informasi lowongan bagi ASN. Melalui Rakor ini kami juga akan mengevaluasi proses seleksi ASN yang dilakukan oleh BKPSDM Kota Batam,” tuturnya.

Plt. Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto menyampaikan bahwa perlunya sistem seleksi rekrutmen ini dengan tujuan untuk mendapatkan ASN yang berkompeten sesuai yang diharapkan oleh organisasi. Hal ini menurutnya bisa didapat jika dalam seleksi dilakukan secara objektif, transparan dan akuntabel. Salah satu yang sudah dilakukan oleh BKN untuk mewujudkan ASN yang berkompeten adalah perekrutan yang dilakukan menggunakan sistem CAT.

BACA JUGA:  Mulai 21 Februari, Durasi Drop Off Gratis  Kembali 15 Menit

“CAT ini menjawab tantangan, karena banyak yang beranggarapan ASN kita belum profesional. CAT merupakan sistem yang objektif, transparan dan akuntanel. Ke depan BKN melakukan revitalisasi dan evaluasi untuk mendapat ASN yang lebih baik,” ucapnya.

BKN melalui PPSS akan membuat portal informasi ASN dilengkapi dengan job deskripri jabatan yang akan dipilih.  “Misalnya melamar jadi arsiparis sudah tahu gambaran pekerjaannya apa. Sehingga mereka tidak buta informasi akan jabatan yang ditujunya Saat ini baru sebatas tugas dan fungsinya,  ke depan mungkin lengkap dengan informasi kompensasi yang mereka dapat dari formasi yang dipilih,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih karena Pemko Batam sudah memfasilitasi terselenggaranya Rakor tersebut.(*)