Pemberian Remisi di Lapas Kelas II A Batam, Rudi: Kembalilah kepada Keluarga dan Masyarakat

ali Kota Batam, Muhammad Rudi, menyerahkan secara simbolis Remisi Umum bagi narapidana dan anak pada UPT Kemasyarakatan se-Kota Batam dalam rangka Hari Kemerdekaan RI di Lapas Kelas II A Batam, Kamis (17/8/2023).
ali Kota Batam, Muhammad Rudi, menyerahkan secara simbolis Remisi Umum bagi narapidana dan anak pada UPT Kemasyarakatan se-Kota Batam dalam rangka Hari Kemerdekaan RI di Lapas Kelas II A Batam, Kamis (17/8/2023).

BATAM, TENTANGKEPRI.COM – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menyerahkan secara simbolis Remisi Umum bagi narapidana dan anak pada UPT Kemasyarakatan se-Kota Batam dalam rangka Hari Kemerdekaan RI di Lapas Kelas II A Batam, Kamis (17/8/2023).

“Selamat bagi penerima remisi, kembalilah kepada keluarga dan kembali berbaur dengan masyarakat,” ucap Rudi.

Rudi berpesan, bagi warga binaan untuk terus menjadi pribadi yang lebih baik. Pemberian remisi, menurut Rudi, merupakan motivasi bagi warga binaan untuk terus kembali menjalani kehidupan bermasyarakat yang taat hukum.

BACA JUGA:  Sejumlah Pejabat Eselon II, III dan IV di Lingkungan Pemerintah Kota Batam Dilantik

“Remisi bukan semata-mata diberikan oleh pemerintah, ini merupakan apresiasi bagi warga binaan yang sudah mengikuti program pembinaan,” ujarnya.

Rudi melanjutkan, apresiasi pengurangan masa tahanan ini diberikan untuk warga binaan yang berdedikasi, disiplin, dan sudah memenuhi syarat.

“Kesempatan ini untuk meningkatkan mental dan spiritual. Kami dari pemerintah mengucapkan selamat bagi warga binaan yang mendapat remisi,” ucap Rudi.

Rudi juga mengajak warga binaan mengisi kehidupan sehari-hari dengan hal yang positif dan memaknai hari kemerdekaan sebagai momentum mengenang jasa para pahlawan.

BACA JUGA:  Pemeliharaan Rutin PLN Batam di Sejumlah Kawasan Bisnis dan Pemukiman, Siap-siap Pemadaman Listrik

“Mari sama-sama kita mendoakan para pahlawan, menambah wawasan kebangsaan,” pesan Rudi.

Di kesempatan itu, Rudi juga membacakan sambutan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H. Laoly.

Adapun, untuk narapidana yang mendapat remisi pada HUT ke-78 RI di Kepri sebanyak 3.223 orang dan 1.543 di antaranya berasal dari Batam dengan rincian, Lapas Kelas II B Batam sebanyak 884 orang.

BACA JUGA:  12 Ribu Pohon Jati Emas Akan Kembali Ditanam

Kemudian, LPKA Kelas II Batam 49 orang, LPP Kelas II B Batam sebayak 140 orang, Rutan Kelas II A Batam sebanyak 449 orang. Remisi yang diterima narapida mulai 1 bulan hingga 6 bulan.

Selanjutnya yang mendapat remisi umum II atau langsung bebas sebanyak 1 orang dari Lapas Kelas II A Batam, LPKA Kelas II Batam sebanyak 3 orang, dan Rutan Kelas II A Batam sebanyak 13 orang. Kemudian yang menjalani subsider sebanyak 4 orang dari Lapas Kelas II A Batam.(*)