Sempena HUT Pramuka Ke-62, Jefridin Lantik Pengurus Mabiran, Kwarran dan DKR Kecamatan Sagulung

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Batam, Jefridin, M.Pd. menjadi pembina upacara peringatan HUT Pramuka ke-62 se- Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan Sagulung di Lapangan Cipta Grand City Sagulung pada Rabu (16/08/2023).
Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Batam, Jefridin, M.Pd. menjadi pembina upacara peringatan HUT Pramuka ke-62 se- Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan Sagulung di Lapangan Cipta Grand City Sagulung pada Rabu (16/08/2023).

BATAM, TENTANGKEPRI.COM – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Batam, Jefridin, M.Pd. menjadi pembina upacara peringatan HUT Pramuka ke-62 se- Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan Sagulung di Lapangan Cipta Grand City Sagulung pada Rabu (16/08/2023). Upacara diikuti lebih dari seribu peserta dari perwakilan SD dan SMP se- Kecamatan Sagulung.

Peringatan HUT Pramuka ke-62 disejalankan dengan Pelantikan Pengurus Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Kecamatan Sagulung Periode 2023-2026. Mabiran Kecamatan Sagulung diketuai oleh Camat Sagulung, Muhammad Hafis Rozi. Selanjutnya pelantikkan Pengurus Kwartir Ranting Kecamatan Sagulung periode 2023-2026 dan pengurus Dewan Kerja Ranting (DKR).

Proses pelantikan itu diawali dengan tanya jawab yang dipimpin oleh Jefridin. Kepada seluruh pengurus Mabiran, Kwarran dan DKR, Jefridin meminta kesediaan para pengurus untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sesuai Tri Satya Pramuka.

BACA JUGA:  Tak Hanya Pembangunan Fisik, Rudi Tegaskan Komitmen Majukan Pendidikan Batam

“Saya ucapkan selamat kepada pengurus yang dilantik hari ini. Selamat menjalankan tugas dan ditunggu bakti Kakak-kakak untuk memajukan Pramuka di Kota Batam, khususnya di Kecamatan Sagulung. Saya yakin Kakak-kakak dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,” ucap Sekretaris Daerah Kota Batam ini lagi.

Ia juga berpesan bahwa Gerakan Pramuka merupakan ladang pengabdian dan beribadah. Untuk itu kepada Pengurus Mabiran, Kwarran dan DKR yang dilantik dapat memajukan Gerakan Pramuka di gugus depannya. Bagaimana menjadikan peserta didik menjadi insan yang berguna baik bagi dirinya maupun bangsa dan negara.

Dalam kesempatan itu Jefridin membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Budi Waseso. Diusia ke-62 Gerakan Pramuka diharapkan dapat terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan program- program pemerintahan. Serta menangani pendidikan nonformal dalam pembentukan karakter.

BACA JUGA:  Kunjungi MPLS di SDIT Darussalam, SDN 01 dan 03 Batuaji, Jefridin Disambut Antusias Warga Sekolah

“Bagaimana kita di daerah mengembangkan Gerakan Pramuka dapat lebih baik dan maju. Kepada seluruh para Ketua, Wakil Ketua, dan Kamabiran dan Kwarran di semua tingkatan, saya berharap kiranya terus dapat memberikan bimbingan serta bantuan baik secara moril maupun materil dalam rangka memajukan Gerakan Pramuka,”tuturnya menyampaikan pesan Kwarnas.

Adapun tema utama peringatan Hari Pramuka ke-62 pada tahun 2023 ini adalah “Dengan Peringatan Hari Pramuka Ke-62, Mari Kita Wujudkan sumber daya manusia (SDM) Yang Profesional Dan Berwawasan Kebangsaan”. Tema ini menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan SDM yang lebih profesional, mencermati SDM kita yang ada sekarang ini masih jauh dari yang kita harapkan.

BACA JUGA:  Jefridin Ajak Kolaborasi Jaga Kesehatan dan Keberlanjutan Laut, Dengan tidak Membuang Sampah di Laut

“Wawasan Kebangsaan sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara. Sekarang akan menghadapi Tahun Politik, kiranya persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan,” papar Sekretaris Daerah Kota Batam ini.

Saat ini, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga sedang berupaya untuk memperbaiki Undang- Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan membangun sistem aplikasi yang mengarah kepada era digitalisasi agar Gerakan Pramuka tidak tertinggal serta dapat mengikuti perkembangan zaman.(*)