Pengukuhan Paskibraka, Rudi: Tanamkan Kedisiplinan dan Jaga Nama Baik Batam

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Batam 2023 di Golden View Hotel, Senin (14/8/2023) malam.
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Batam 2023 di Golden View Hotel, Senin (14/8/2023) malam.

BATAM, TENTANGKEPRI.COM – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Batam 2023 di Golden View Hotel, Senin (14/8/2023) malam. Total, ada 60 orang.

Paskibraka Kota Batam yang terdiri dari 32 perempuan dan 28 laki-laki itu, akan bertugas dalam mengibarkan dan menurunkan Bendera Pusaka saat upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kota Batam di Dataran Engku Putri, Kamis 17 Agustus 2023 mendatang.

Dalam kesempatan itu, Rudi mengatakan bahwa Paskibraka yang terpilih merupakan orang-orang pilihan di antara sekian banyak pelajar di Kota Batam.

“Ini menjadi sejarah dalam kehidupan kalian. Apa yang sudah diterima dalam pelatihan, tanamkan kedisiplinan,” ujarnya.

Rudi berpesan, tetap pada 17 Agustus nanti, ia meminta Paskibraka Batam untuk menjaga diri, menjaga fisik dan kekompakan. Ia menekankan agar Paskibraka Batam mampu mengibarkan dan menurunkan sang Merah Putih dengan sebaik mungkin.

BACA JUGA:  NDP Dukung Langkah BP Batam Tingkatkan Nilai Investasi Daerah

“Mudah-mudahan tidak ada masalah untuk kita semua. Ingat, gerak-gerik dalam mengibarkan bendera akan diperhatikan, buat yang terbaik untuk Kota Batam,” pesan Rudi.

Ia menambahkan, agar Paskibraka Kota Batam 2023 yang juga sebagai penerus bangsa ini ke depan menjadi penerus pembangunan di Kota Batam.

“Kalian (Paskibraka) yang akan meneruskan kepemimpinan dengan dasar pelatihan kedisiplinan dan kecintaan terhadap Tanah Air,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi kehadiran orang tua Paskibraka Kota Batam. Ia optimistis, dengan pelatihan yang dijalani putra dan putrinya, memberikan dampak positif dalam kehidupan sehari-hari.

“Anak-anak ini menjadi kebanggaan kita semua sebagai orang tua. Semoga anak-anak ini menjadi pribadi yang lebih baik setelah tergabung dalam Paskibraka Kota Batam,” katanya.

BACA JUGA:  Hadiri Pengukuhan KDEKS Provinsi Kepri, Jefridin Harap KDEKS Perkuat Ekonomi dan Keuangan Syariah

Selain orang tua Paskibraka, turut hadir sejumlah pejabat di lingkungan Pemko Batam dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam.

Untuk diketahui, rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-78 RI sendiri sudah dimulai sejak Minggu 13 Agustus 2023 dengan agenda pawai pembangunan. Kemudian, pada Senin 14 Agustus 2023 dilaksanakan gladi kotor pada pukul 07.30 di Dataran Engku Putri dan dilanjutkan pada pukul 19.30 dengan agenda pengukuhan Paskibraka Kota Batam 2023.

Selanjutnya pada Selasa 15 Agustus 2023 pukul 07.30 akan dilaksanakan gladi bersih upacara HUT ke-78 RI, yang akan dihadiri langsung oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dan pada pukul 23.00 juga akan dilaksanakan apel kehormatan renungan suci di makam pahlawan Batuaji.

BACA JUGA:  Tanam 1.800 Pohon Jati Mas, Kepala BP Batam : Terus Melaju Wujudkan Batam Baru yang Hijau dan Lestari

Sedangkan, untuk tanggal 16 Agustus 2023 akan dilaksanakan Upacara Taptu dan Pawai Obor di Dataran Engku Hamidah. Sementara, untuk pelaksanaan upacara HUT ke-78 RI, akan dilaksanakan pada 17 Agustus 2023 pukul 07.00 di Dataran Engku Putri. Kemudian Wali Kota Batam Muhammad Rudi bersama Forkopimda akan mengikuti upacara detik-detik proklamasi di istana melalui virtual puk 09.00 di lantai IV Kantor Wali Kota Batam.

Setelah itu, pada siang harinya, dilanjutkan kegiatan di lapas untuk pemberian remisi narapidana. Dan sore di hari sama, dilanjutkan upacara penurunan bendera, kemudian malamnya akan ada malam resepsi HUT ke-78 RI.

Pada tanggal 18 Agustus juga akan dilaksanakan upacara peringatan Hari Pramuka yang juga akan dilaksanakan di Dataran Engku Putri.(*)