Batam  

Karantina Pemilihan Duta Wisata Encik Puan Batam 2024, Jefridin Pesan Promosikan Keindahan dan Budaya Batam

BATAM, TENTANGKEPRI.COM –  Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam kembali menggelar Pemilihan Duta Wisata Encik Puan Batam Tahun 2024. Tidak lain untuk mempromosikan dan melestarikan kekayaan budaya serta daya tarik wisata kota Batam.

Dari 203 calon duta, hanya 20 finalis yang berhasil lolos dan mengikuti karantina. Karantina hari pertama digelar di Grand Eska Hotel & Suites Batam, pada Senin (13/5/2024).

Pada kesempatan itu Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M. Pd. hadir sebagai narasumber dalam karantina, memberikan arahan tentang pentingnya peran duta wisata untuk mendukung pembangunan Batam yang sedang berlangsung.

BACA JUGA:  Buka Muscab HIPMI, Rudi Motivasi Para Pengusaha Muda untuk Manfaatkan Pembangunan Kota Batam

Dalam sesi karantina, Jefridin menyoroti pentingnya memiliki beragam bakat dan pengalaman sebagai seorang duta wisata, termasuk kemampuan berpantun dan memahami budaya lokal.

“Para peserta harus mampu menjadi duta yang mampu memperkenalkan dan menghidupkan budaya melayu Batam, sekaligus menjadi duta yang peduli akan lingkungan, terutama dalam pengelolaan sampah,” jelasnya.

Dalam hal ini, Jefridin menjelaskan bahwa pengelolaan sampah menjadi salah satu tanggung jawab bersama untuk menjaga kenyamanan Batam sebagai destinasi wisata. Ia menekankan bahwa kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan adalah kunci bagi keberlanjutan industri pariwisata Batam.

BACA JUGA:  Kepada Tim Panitia Pemilihan Dewan Pendidikan, Jefridin Berharap Dewan Pendidikan Terpilih Dapat Melaksanakan Tupoksi dengan Baik

Jefridin juga menekankan pentingnya peran duta wisata dalam mempromosikan Batam sebagai daerah industri, perdagangan, alih kapal dan pariwisata.

“Duta pariwisata harus dapat mempromosikan program dari Disbudpar yaitu MICE (Meeting, Incentive, Conference, and Exhibition). Salah satunya bertujuan untuk meningkatkan pariwisata olahraga di Batam, yang dapat menjadi salah satu penyumbang pendapatan daerah melalui pajak hotel dan restoran,” katanya yang juga sebagai Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Batam.

BACA JUGA:  Jelang Pesta Demokrasi 2024, Pemko Batam Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik Organisasi Pemuda/Masyarakat dan Perempuan

Acara Grand Final pemilihan duta wisata nantinya akan dijadwalkan pada 19 Mei 2024 mendatang, dimana 10 Encik dan 10 Puan terbaik akan bersaing untuk menjadi Duta Pariwisata Kota Batam 2024.

“Saya menekankan mari bangga menjadi orang Batam. Jadi duta wisata yang tidak hanya menginspirasi masyarakat lokal, tetapi juga mempromosikan keindahan dan potensi Batam kepada dunia luar,” tutupnya.(*)