Batam  

125 Kendaraan Meriahkan Pawai Takbir Keliling, Wali Kota Rudi Pimpin Takbiran Menyambut Idulfitri 1445 H

BATAM, TENTANGKEPRI.COM – Takbir dan tahmid bergema di malam Idulfitri 1445 Hijiriah. Wali Kota Batam, Muhammad Rudi bersama ribuan masyarakat menyambut hari kemenangan di Dataran Engku Hamidah, Batam Centre, Selasa (9/4/2024) malam.

Kemeriahan Pawai takbiran di Batam itu ditambah dengan adanya mobil hias, live musik bernuansa Lebaran. Acara itu juga disiarkan langsung melalui kanal YouTube Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Batam.

Perayaan malam Idulfitri itu dibuka takbiran oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Secara bergantian, takbir dan tahmid dikumandangkan oleh Forkopimda yang hadir.

Usai takbiran bersama, Rudi bersama Forkopimda melepas kendaraan hias bernuansa Islam untuk menelusuri rute Pawai Takbiran tingkat Kota Batam tersebut.

BACA JUGA:  Sambut Natal 2023, Persekutuan Doa BP Batam Gelar Bakti Sosial di 3 Tempat

Wali Kota Batam mengapresiasi para peserta yang sudah menampilkan mobil hias dengan berbagai bentuk. Ia juga mengapresiasi ribuan masyarakat yang berkumpul ikut dalam kemeriahan Pawai Takbir Keliling tingkat Kota Batam.

“Saya mewakili Pemerintah Kota Batam mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin,” ucap Rudi.

Di kesempatan itu, Rudi mengapresiasi kekompakan semua lapisan masyarakat Batam. Ia mengatakan, kekompakan itu menjadi modal penting dalam membangun Batam.

“Jaga suasana aman dan kondusif. Mari bersama membangun Batam. Mari bersama-sama kita menyambut hari kemenangan dengan malam takbiran,” ujar Wali Kota.

BACA JUGA:  Safari Ramadhan di Kecamatan Sei Beduk, Wali Kota Rudi Gesa Pembangunan Masjid

Sementara itu, Ketua Panitia Pawai Takbir Keliling Kota Batam, Salim, melaporkan bahwa Pawai Takbir Keliling merupakan bagian dari rangkaian perayaan Hari Raya Idulfitri 1445 Hijiriah tingkat Kota Batam.

“Pawai Takbir Keliling diikuti 125 kendaraan yang diikuti dari OPD, Formopimda, Ormas Islam, hingga perwakilan masjid dan musala,” ujar Salim.

Untuk diketahui, lomba pawai takbir Idulfitri tahun ini memperebutkan total hadiah Rp 36 juta. Mobil hias melalui rute dari Dataran Engku Hamidah menuju simpang Rosdale, Simpang Kabil, Simpang Panbil, dan finish di Simpang Barelang.

BACA JUGA:  Dukung Peningkatan Kompetensi Mahasiwa, Ketua DPRD Batam-Dekan Fisip Unrika Teken MoU

“Untuk juara 1 pemenang akan mendapatkan Rp12 juta, juara II Rp10 juta, juara III Rp8 juta, dan juara IV Rp6 juta,” kata Salim.

Selain itu, Salim juga melaporakan bahwa untuk pelaksanaan Salat Idulfitri tahun ini digelar di 889 lokasi yang tersebar di 756 masjid, 112 musala, dan 21 lapangan.

“Untuk lokasi salat yang dilaksanakan Pemko Batam, dilaksanakan di tiga lokasi yakni Dataran Engku Putri, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, dan Masjid Baiturrahman,” ujarnya.(*)