Batam  

Berprestasi, Pemko Batam Terbaik Penginputan Data di Aplikasi SIKP

BATAM, TENTANGKEPRI.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam kembali mengukir prestasi. Kali ini, Pemko Batam mendapat apresiasi sebagai Pemda mitra optimalisasi input data calon debitur KUR pada aplikasi Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) terbaik Lingkup Kepri 2023.

“Penghargaan tersebut diterima Kabag Perekonomian, Zul Arif mewakili Wali Kota Batam. Penghargaan ini menjadi pemacu semangat untuk memberikan yang terbaik ke depannya,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Batam, Rudi Panjaitan, Rabu (8/5/2024).

BACA JUGA:  Pemko Batam Kooperatif, Sampaikan Laporan Keuangan dalam Exit Meeting BPK RI

Penghargaan ini diberikan Kanwil DJPb Provinsi Kepri saat melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) di Aula KPPN Kota Batam, Sungai Harapan, Kecamatan Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Rudi menjelaskan, SIKP merupakan sistem yang digunakan untuk mengelola informasi terkait dengan program kredit yang diselenggarakan oleh suatu lembaga atau badan, seperti bank, lembaga keuangan mikro, atau lembaga pemerintah.

BACA JUGA:  Wali Kota Batam Ingatkan Kedisiplinan ASN hingga Mewujudkan Pemilu Aman dan Damai

“SIKP dirancang untuk memudahkan pengelolaan dan monitoring kredit yang diberikan kepada peminjam atau debitur

Melalui SIKP, lembaga penyelenggara kredit dapat mengoptimalkan proses pengelolaan kredit, meningkatkan efisiensi operasional, dan meminimalkan risiko kredit yang mungkin timbul,” katanya.

Ia juga menyampaikan, SIKP juga memungkinkan transparansi dan akuntabilitas yang lebih baik dalam penyaluran kredit serta memfasilitasi pengambilan keputusan yang lebih baik berdasarkan informasi yang tersedia secara real-time.

BACA JUGA:  Wakili Wako Rudi, Jefridin Terima LHP Kinerja Semester II Tahun 2023 dari Perwakilan BPK Provinsi Kepri

“Semoga ke depan makin baik. Pak Wali (Wali Kota Batam, Muhammad Rudi) terus mendorong pengelolaan anggaran dengan transparan dan akuntabel demi memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” katanya.(*)