Batam  

PLN Batam Siapkan Listrik Andal Sambut Idul Fitri 2024

PLN Batam menyiagakan petugasnya dalam menjaga pasokan listrik selama Idul Fitri. Foto: Istimewa
PLN Batam menyiagakan petugasnya dalam menjaga pasokan listrik selama Idul Fitri. Foto: Istimewa

BATAM, TENTANGKEPRI.COM – Dalam memastikan kesiapan petugas dalam pengamanan pasokan listrik jelang Hari Raya Idul Fitri 2024, PT PLN Batam mengikuti Apel Siaga Kelistrikan Idulfitri 1445 H yang dilaksanakan serentak bersama seluruh unit PLN dan subholding.

Apel dipimpin oleh Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo. Apel siaga kelistrikan ini juga diikuti oleh jajaran direksi PT PLN Batam, pejabat senior dan seluruh pegawai di Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Batam, manajemen mitra kerja, serta petugas pelayanan teknik dari masing-masing unit.

Pengamanan keandalan pasokan listrik meliputi rumah ibadah, objek vital, juga sarana transportasi mudik di Batam seperti bandara dan pelabuhan.

Apel kali ini sekaligus memastikan petugas dalam keadaan siap siaga, juga dilakukan pengecekan kembali seluruh peralatan kerja pada kondisi laik untuk dipergunakan sebagai pendukung kinerja seluruh petugas di lapangan.

BACA JUGA:  PLN Batam Berikan Kuliah Umum Ketenagalistrikan

Selain itu, aspek penting lainnya yaitu mengingatkan petugas agar selalu memperhatikan SOP dan K3 dalam bekerja, sehingga nantinya dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.

“Kami telah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan keandalan pasokan listrik, termasuk melakukan inspeksi dan pemeliharaan jaringan listrik, serta menyiagakan petugas dan peralatan kerja yang laik di titik-titik siaga. PT PLN Batam berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan selama Idul Fitri 1445 H,” ujar Direktur Utama PT PLN Batam, Irwansyah.

Irwansyah menambahkan secara nasional, masa siaga Idul Fitri ditetapkan mulai dari tanggal 3 sampai 18 April 2024. Selama periode ini, PLN Batam memprediksi beban puncak penggunaan listrik di Batam tetap terkendali, dengan perkiraan beban puncak tertinggi sebesar 628.1 MW dengan cadangan daya 66.4 MW.

BACA JUGA:  Safari Ramadan Terakhir, Kepala BP Batam Ajak Masyarakat Jaga Semangat Membangun

“Tren beban puncak Batam, memiliki kecenderungan menurun dibandingkan periode harian lainnya disebabkan banyaknya industri yang mengurangi aktivitasnya saat libur dan cuti bersama Idul Fitri 1445 Hijriah, sehingga dipastikan cadangan daya menjadi lebih besar,” katanya.

Untuk mengamankan pasokan listrik selama masa siaga ini, PLN Batam menyiapkan 26 posko siaga, 668 orang petugas piket yang siap bertugas 24 jam untuk menjaga keandalan pasokan listrik yang tersebar di seluruh wilayah Batam.

“Para petugas dan peralatan pendukung ini tidak hanya siaga pada saat-saat tertentu saja, tapi kita semua akan siap siaga setiap saat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Fitri 1445 H dengan nyaman,” ujarnya.

BACA JUGA:  Bersama Forkopimda, BP Batam Akan Terus Menjaga Situasi Kondusif di Rempang

PLN Batam juga mengimbau masyarakat yang akan melaksanakan mudik Lebaran agar melakukan pembayaran tagihan listrik sebelum jatuh tempo dan mencabut peralatan listrik yang tidak digunakan sebelum meninggalkan rumah agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

“Semoga dalam menyambut Lebaran 1445 H ini masyarakat nyaman bersama keluarga, dan kami dari segenap jajaran Direksi beserta Pegawai PT PLN Batam mengucapkan, selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H, mohon maaf lahir dan batin,” tutup Irwansyah. (*)