Kelebihan Bagasi, Jemaah Haji Asal Makassar Pakai Baju 15 Lapis 

Foto: Jemaah haji asal Makassar, Tallassa yang memakai baju 15 lapis. (Dok. Istimewa)
Foto: Jemaah haji asal Makassar, Tallassa yang memakai baju 15 lapis. (Dok. Istimewa)

TENTANGKEPRI.COM – Jemaah haji wanita asal Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) bernama Tallasa nekat pulang ke Tanah Air memakai baju 15 lapis. Aksi Tallasa yang viral di media sosial itu sengaja dilakukan lantaran barangnya kelebihan bagasi.

“Iya (benar jemaah haji asal Makassar) yang kloter 1 kemarin (memakai pakaian 15 lapis),” ujar Humas Kemenag Sulsel Wardi Sirajd kepada detikSulsel, Kamis (6/7/2023).

Perilaku Tallasa terungkap begitu tiba bersama rombongan jemaah haji kloter 1 di Asrama Haji Makassar, Kecamatan Biringkanaya, Selasa (5/7) siang. Barang bawaan Tallasa terlalu banyak sementara bagasi terbatas.
“Ya kan ada sudah ada ditentukan bobot bawaan yang harus dibawa jemaah haji setiap orang. Dia kelebihan terlalu banyak bawaannya,” ungkap Wardi.

Wardi menjelaskan Tallasa terpaksa memakai baju berlapis-lapis agar barangnya yang lain bisa masuk bagasi. Tallasa tidak ingin ada barangnya yang ketinggalan.

“Yang jelas berlebihan itu, dia terpaksa pakai berlapis-lapis dari pada tinggal di sana barangnya, tidak boleh juga lolos kalau berlebihan timbangannya,” tuturnya.

Wardi pun menyarankan kepada jemaah haji yang barang bawaannya berlebih agar dikirim lewat kargo sebelum pulang. Dia mengaku pihaknya telah mengingatkan para jemaah untuk tidak membawa barang bawaan berlebih.

“Diperiksa di bandara kan, bukan dikenakan biaya. Kalau dia mau, mending dia kargo sebelum pulang. Kan sudah memang ditanya sekian beratnya koper bagasi,” kata Wardi.

Lebih lanjut, Wadi mengatakan banyak jemaah haji yang mengakali supaya barang bawaannya bisa terbawa semua. Namun sampai saat ini hanya satu orang saja yang ketahuan.

“Mungkin ada (jemaah haji lain memakai pakaian berlapis), tapi hanya dia yang viral. Karena kan berbagai macam cara yang dilakukan jemaah haji untuk mengakali barang bawaannya supaya tidak tertinggal kan,” imbuhnya.

Dalam video yang viral di media sosial, Tallasa terlihat memakai kerudung warna hitam sedang duduk di lantai. Saat itu dia baru saja tiba.

“Terlihat ibu jemaah haji asal Makassar, berapa pakaian dipakai?” tanya seorang pria perekam video tersebut.

“(Baju lapis) 15,” singkat Tallasa. Dia pun mengaku meski telah memakai baju berlapis masih ada juga barangnya yang tertinggal.(*)

BACA JUGA:  Semangat Kemerdekaan, Rudi Ajak Masyarakat Bijak Menggunakan Media Sosial

Sumber:detiksulsel