Batam  

Hadir Diacara FKPP Tahun 2024, Jefrdin Sampaikan Pemko Batam Dorong Transformasi Digital di Kota Batam

BATAM, TENTANGKEPRI.COM – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mengapresiasi dan terimakasih kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia (RI) yang telah menyelenggarakan acara Forum Koordinasi Pelayanan Publik (FKPP) se Sumatera Tahun 2024 di Hotel Swissbel, Selasa (4/06/2024). Ia juga mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta FKPP se Sumatera Tahun 2024 di Kota Batam.

“Atas nama Wali Kota Batam, Haji Muhammad Rudi, Saya mengucapkan selamat datang di Kota Batam. Batam, saat ini sedang “bersolek” agar orang datang ke Batam. Batam tidak memiliki hasil bumi dan hanya mengandalkan daerahnya yang strategis. Atas nama Bapak Wali Kota menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Pan RB yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini di Kota Batam,” katanya memberikan ucapan selamat datang.

BACA JUGA:  Sektor Olahraga Harus Ditingkatkan Demi Meningkatkan Wisatawan ke Batam

Pemerintah Kota (Pemko) Batam menyambut baik dilaksanakannya FKPP ini dalam rangka perbaikan kualitas reformasi birokrasi dan pelayanan publik. Ini merupakan isu prioritas, serta untuk menyelaraskan misi Presiden Joko Widodo yaitu mewujudkan pengelolaan pemerintahan yang bersih, efektif, dan terpercaya.

“Pemerintah harus melakukan transformasi terhadap tata kelola pemerintah. Perlu adanya transformasi digital dalam hal pelayanan publik yang merupakan salah satu program prioritas dalam pembangunan pemerintah dalam mendukung perkuatan pondasi transformasi guna mewujudkan visi Indonesia Emas Tahun 2045,” ungkapnya.

Pemko Batam menurutnya terus mendorong terlaksananya transformasi digital di Kota Batam. Karena transformasi digital merupakan kunci percepatan pelayanan publik sehingga dapat meningkatkan efesiensi, efektifitas, dan kualitas pelayanan publik sebagaimana telah diatur dalam peraturan presiden nomor 95 tahun 2018 tentang“ sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). Pemerintah Kota Batam secara bertahap telah melakukan transformasi digital seperti menyusun SPBE, merancang smart city, produk hukum yang telah dipublikasikan melalui JDIH serta tata kelola adminsitrasi telah menggunakan SRIKANDI.

BACA JUGA:  Wali Kota Batam dan Wakil Gubernur Kepri Ajak IMKAB Membangun Daerah

Adapun tema FKPP Tahun 2024 “Penguatan Implementasi Kebijakan Pelayanan Publik Dalam Rangka Mewujudkan Transformasi Pelayanan Publik Berbasis Digital”. Plt. Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB, Akik Dwi Suharto Rudolfus mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk dapat mendorong penyelenggara pelayanan publik untuk lebih intensif dalam mengimplementasikan kebijakan-kebijakan dibidang pelayanan publik.

Diharapkan para peserta yang hadir dan khususnya Pemerintah Kota Batam agar dapat memberikan kontribusi yang kongkrit sehingga dapat memberikan outcome dan impact yang terukur sehingga dapat mewujudkan transformasi digital pelayanan publik melalui implementasi kebijakan pelayanan publik.

BACA JUGA:  Pemko Batam Terima Penghargaan Dirjen PPTR Kementerian ATR/BPN, Tangani Perumahan pada Kawasan Hutan Lindung Sei Ulu Lanjai Sambau

“Kegiatan FKPP 2024 dilakukan sebagai salah satu langkah strategis Kementerian PANRB dalam meningkatkan pemahaman dan menjaring masukan dari stakeholders terkait kebijakan pelayanan publik, khususnya tentang transformasi digital dalam bidang pelayanan publik. Pemerintah Daerah yang mengikuti FKPP diharapkan dapat memanfaatkan forum ini dengan baik untuk memahami kebijakan Kementerian PANRB terutama terkait pelayanan publik guna mendorong penyelenggaraan pelayanan publik ke arah lebih baik.

Diyakininya dengan komitmen yang kuat, kolaborasi yang erat, dan strategi yang tepat, kita dapat mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik, cepat, dan akuntabel. “Kegiatan ini diharapkan memiliki dampak bagi penyelenggara pelayanan publik dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat atau pengguna layanan. Perlu kolaborasi dan strategi yang tepat dalam memberikan pelayanan publik,” tuturnya.(*)